Shalat Id, Menag ingatkan pandemi ujian ketakwaan

id menag

Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Minggu (24/5/2020), menggelar shalat id secara terbatas di rumahnya. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi menggelar shalat Idul Fitri di rumahnya dengan menjadi imam serta khatib id dan mengingatkan mengenai pandemi COVID-19 sebagai ujian ketakwaan.

"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertaqwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal dengan kesalehan sosial," kata Menag Fachrul di laman resmi media sosialnya yang dipantau dari Jakarta, Minggu.

Menag menggelar shalat id di rumahnya bersama keluarga inti dengan khusyuk dan khidmat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Salah satu yang tampak dari foto Instagramnya adalah anggota keluarga yang mengikuti shalat di halaman rumah Menag diatur agar jaraknya berjauhan dalam kisaran satu meter atau lebih.

Menurut Fachrul, Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini memang berbeda di tengah pandemi COVID-19. Salah satu yang terlihat adalah umat Islam menjalani ibadah lebih banyak di rumah, termasuk shalat id.

"Dengan iringan doa minal 'aidin wal faizin, taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga kita tergolong orang-orang yang kembali kepada jati diri kemanusiaan kita, menang mengendalikan hawa nafsu dan memberikan manfaat kepada sesama. Semoga Allah menerima dan memberkahi seluruh amal ibadah dan kehidupan kita. Aamiin," kata dia.

Kepada keluarganya dan umat Islam Indonesia, Menag berpesan agar Idul Fitri bisa dijadikan momentum meningkatkan kepedulian terhadap sesama. "Mari terus saling bantu dan berbagi. Semoga Indonesia segera terbebas dari pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar