Anggota DPR ingin Smesco bantu UMKM hadapi kondisi Normal Baru

id smesco,normal baru,umkm

Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak. ANTARA/HO-Humas Fraksi PKS

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menginginkan lembaga pemerintah, Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco), dapat membantu UMKM di berbagai daerah agar dapat bertahan serta menghadapi kondisi Normal Baru.

"Jika ingin memperkuat dan membangkitkan UMKM, maka inilah momentum yang tepat bagi pemerintah memperkuat Smesco agar bisa bersaing dengan berbagai toko daring yang sudah mapan," kata Amin Ak, Rabu.

Menurut dia, selama ini gedung Smesco kerap hanya berfungsi menjadi ruang pamer dan pasar produk UKM, padahal ada potensi dikembangkan menjadi hub pemasaran daring produk UMKM.

Apalagi, politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengingatkan bahwa berdasarkan hasil sejumlah riset, kecenderungan ke depan ada penguatan inovasi dan produk lokal berbasis UMKM menjadi kunci kekuatan ekonomi nasional.

Selain itu, masih menurut dia, globalisasi bisnis akan berkurang karena terdampak pandemi COVID-19.

Amin berpendapat bahwa strategi bertahan dan bangkit di era new normal adalah transformasi teknologi dengan dua penopang utama, yakni inovasi lokal dan perdagangan daring sebagai tumpuan.

Ia meyakini bahwa konsumen saat ini sudah terbiasa memanfaatkan toko daring dengan aplikasi digital via ponsel cerdas karena memudahkan transaksi jual beli dan tidak dibatasi ruang maupun waktu.

Amin mengutip data Bank Indonesia yang menyebutkan 93 persen produk yang dipasarkan di 22 toko digital saat ini adalah produk impor.

Baca juga: Lebih dari seribu KUKM terdampak COVID-19 diajak ikuti Sparc Campus
Baca juga: Teten akan desain ulang Smesco agar optimal pasarkan produk UMKM
Baca juga: Smesco berikan diskon besar-besaran produk unggulan UKM daerah

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar