Intinya di Kementerian PUPR walau dihemat sebesar Rp44 triliun dari DIPA Rp120 triliun tahun 2020 tidak ada kegiatan yang dibatalkan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan lima destinasi wisata super yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang tetap masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020 yang diprioritaskan pemerintah.

"Tentang PSN 5 destinasi super prioritas wisata, yaitu di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang di Sulut. Intinya di Kementerian PUPR walau dihemat sebesar Rp44 triliun dari DIPA Rp120 triliun tahun 2020 tidak ada kegiatan yang dibatalkan, yang Rp44 triliun yang ditunda akan menjadi prioritas tahun 2021 yang sudah dialokasikan anggarannya oleh Bu Menkeu," kata Basuki di kantornya di Jakarta, Jumat.

Basuki menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan tema "Evaluasi PSN untuk Pemulihan Ekonomi Nasional dampak COVID-19" yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. melalui video conference.

"Di tahun 2020 dialokasikan anggaran Rp6,4 triliun untuk 5 destinasi wisata dan ini tidak termasuk yang dihemat karena ini menjadi prioritas dengan harapan bahwa setelah pandemi ini, ini menjadi yang paling cepat bisa rebound," ungkap Basuki.

Dari Rp6,4 triliun tersebut, Rp5,1 triliun sudah ditandatangani kontraknya dan sudah ada yang dimulai pekerjaannya.

"Ada yang baru dimulai pada pekan ini, setelah Lebaran, contohnya di Danau Toba, kegiatannya adalah penataan Pantai Parapat kemudian penataan kawasan Huta Raja Siallagan di Samosir termasuk juga kegiatan kawasan seperti perbaikan jalan, pelebaran jalan, gapura, pasar, dan lainnya," tambah Basuki.

Sedangkan di Borobudur, Jawa Tengah, sudah dilakukan penambahan akses utama dan Gerbang Klangon.

"Jadi akses ke Borobudur ada beberapa gerbang, dari Sentul, dari Wates, dari jalan Magelang, dan dari Purworejo. Jadi itu ada beberapa gerbang yang akan dibangun untuk mengantarkan turis menuju kawasan Borobudur. Ada jalan akses utama dan gerbang-gerbang yang sudah kita kontrak tahun ini," ungkap Basuki.

Sementara di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kementerian PUPR menurut Basuki bertugas untuk menyiapkan jalan akses dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika sepanjang 17 kilometer.

"Ini sudah selesai lelangnya, tinggal paket dan akan segera dimulai pekerjaan 2020, sehingga 2021 bisa selesai termasuk perbaikan kawasan Pantai Belubuk di Mandalika," tambah Basuki.

Selanjutnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat semua kegiatan sudah terkontrak misalnya terusan dari Puncak Waringin, di jalan Soekarno Hatta bawah atau atas untuk dilebarkan dan di Gua Cermin.

"Kemudian di Manado-Bitung Likupang sudah ada kegiatan di antaranya adalah penataan Pantai Malalayang di Manado yang bisa dipakai untuk kuliner di Manado," tambah Basuki.

Data terakhir Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat setidaknya ada 88 dari 223 proyek yang selesai dikerjakan pada akhir 2019 senilai total Rp4.183 triliun. Selanjutnya ada 89 proyek yang direkomendasikan sebagai PSN baru pada 2020 sebesar Rp1.422 triliun.

Baca juga: Airlangga: Proyek strategis nasional akan buka 19 juta lapangan kerja
Baca juga: Menko Airlangga ungkap kriteria proyek strategis yang diprioritaskan
Baca juga: Jokowi minta ada prioritas pelaksanaan Proyek Strategis Nasional

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020