BPJAMSOSTEK bantu sembako warga Minahasa-Sulut terdampak COVID-19

id BPJAMSOSTEK,Sulut,bantu,warga terdampak corona,covid-19,kebutuhan pokok

BPJAMSOSTEK Sulawesi Utara memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga Kabupaten Minahasa yang terdampak COVID-19 di Manado, Jumat (12/6/2020. (FOTO ANTARA/HO-Humas BPJAMSOSTEK Sulut)

Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok untuk warga yang terdampak pandemi virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) .

"Bantuan yang diberikan berupa satu ton beras, 200 liter minyak goreng dan 200 masker," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Manado Hendrayanto di Manado, Jumat.

Bantuan bahan kebutuhan pokok tersebut, katanya, diserahkan langsung kepada Pemkab Minahasa dan tinggal penyalurannya diserahkan kepada pemerintah setempat yang lebih tahu siapa yang layak mendapat bantuan.

Ia mengatakan BPJAMSOSTEK tidak hanya mengejar bisnis dan keuntungan saja, tapi juga memiliki beban yang sama untuk saling membantu sesama di masa pandemi seperti ini.

Dia menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan sejak akhir 2019 diubah secara resmi sebagai BPJAMSOSTEK, namun lebih umum disebut dengan singkatan BPJSTK, merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia, yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Sebagai lembaga negara yang bergerak dalam bidang jaminan sosial, BPJS Ketenagakerjaan yang dahulu bernama PT Jamsostek (Persero) merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja.

BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya bernama Jamsostek (Jaminan sosial Tenaga Kerja), yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sejak tanggal 1 Januari 2014.

BPJS Kesehatan dahulu bernama Askes bersama BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2015.

Penandatanganan MoU bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa terkait Kepesertaan Korpri Pemkab Minahasa dirangkaikan penyerahan bantuan berasa 1 ton, minyak goreng 200 liter dan sebanyak 200 masket, demikian Hendrayanto.

Baca juga: Program "Tumou Tou", inovasi Pemkot Manado lindungi pekerja rentan

Baca juga: Warga Sulut terjangkit COVID-19 meningkat jadi 579 orang

Baca juga: Ponpes-panti asuhan di Manado dapat bantuan infaq Baznas Sulut

Baca juga: Mentan apresiasi Sulut ekspor pala di tengah pandemi COVID-19

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar