Luhut: UMKM-IKM perlu punya jaringan bisnis online lewat #esmartikm

id umkm,ikm,esmart ikm,luhut pandjaitan

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa punya jaringan bisnis daring atau online lewat program #esmartikm.

Program tersebut merupakan bagian dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang fokus untuk mendorong masyarakat ikut membeli produk-produk karya anak bangsa.

Dalam pengembangannya, program #esmartikm adalah sistem database IKM yang menampilkan profil industri, sentra dan produknya yang diintegrasikan dengan platform "e-commerce".

"Pelaksanaan program #esmartikm ditujukan untuk pengembangan ekonomi berbasis digital, peningkatan ekspor IKM, serta perluasan akses pasar dan akses pendanaan. Tujuannya agar kita dapat menjadi showcase produk sendiri, bukan hanya menjadi reseller produk negara lain," katanya dalam media sosial resminya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Luhut menjelaskan perubahan aktivitas sebagai dampak pandemi COVID-19 di sisi lain juga menjadi momentum IKM kita untuk "naik kelas".

Baca juga: Dirjen Kemenperin: e-smart mampu tingkatkan omset tujuh kali lipat

"Berdasarkan data yang saya dapatkan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), transaksi penjualan online naik 10-15 persen selama masa pandemi, di mana kebijakan PSBB dan WFH diterapkan di banyak instansi swasta maupun pemerintah," imbuhnya.

Luhut juga menekankan perlunya UMKM-IKM mengikuti program tersebut karena ada banyak keuntungan yang ditawarkan, seperti promosi di e-commerce, pelatihan di media pemasaran online, pendampingan selama masa berlaku program, fasilitas untuk memperoleh sertifikasi merk dagang, serta fasilitas akses digital akun e-commerce untuk akses pemasaran produk/usaha, serta yang tidak kalah penting adalah kesempatan produk/usahanya untuk go-international dengan memperluas jaringan bisnis secara online lewat platform e-commerce besar yang sudah ada di Indonesia.

"Saya berharap pandemi ini mampu kita lewati dengan solidaritas antarsesama manusia Indonesia, dengan saling menjaga satu sama lain, dan juga saling membantu di antara kita yang sedang kesulitan," katanya.

Luhut mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan serta memprioritaskan membeli karya dan produk dari pelaku UMKM dalam negeri.

Baca juga: Kemenkop dorong UMKM terlibat dalam proyek pengadaan barang/jasa

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar