Namun kemungkinan TC akan digelar di Bekasi
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Tim Nasional U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa ada tiga wilayah yang menjadi kandidat lokasi pemusatan latihan (TC) skuatnya yang dijadwalkan berlangsung mulai 6 Juli 2020.

"Kami berkoordinasi di tiga tempat yaitu Jakarta, Bogor dan Bekasi. Namun kemungkinan TC akan digelar di Bekasi," ujar Bima ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Selasa.

Namun, baik Jakarta, Bogor maupun Bekasi bukan merupakan zona yang bebas dari pandemi penyakit virus corona baru (COVID-19).

Baca juga: PSSI: TC timnas U-16 direncanakan mulai awal Juli 2020

Bima Sakti mengetahui hal itu. Akan tetapi, juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tersebut tidak khawatir selama semua elemen di tim mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Kami harus mematuhi protokol kesehatan. Jadi kedisiplinan semua komponen tim sangat penting. Selain itu, kami juga selalu berkoordinasi dengan dokter timnas," kata Bima.

Sementara terkait pemain yang dipanggil ke TC, Bima Sakti belum bisa mengatakan secara rinci.

Namun, eks kapten timnas Indonesia itu menyebut bahwa mereka rata-rata pemain yang berpengalaman di Timnas U-16.

"Semua yang dipanggil rata-rata pemain yang sudah pernah bergabung di tim," tutur Bima.

Baca juga: Indonesia satu grup dengan Jepang-China dalam Piala Asia U-16
Baca juga: PSSI: timnas U-16 harus berani bersaing di grup "neraka"


Tim Nasional U-16 Indonesia akan berlaga di Piala Asia U-16 AFC 2020 yang berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020.

Di kejuaraan itu, timnas berada di Grup D bersama Jepang, China dan Arab Saudi.

Grup tersebut bisa dikatakan berat karena Jepang, China dan Arab Saudi sudah lebih dari satu kali menjadi tim terbaik di Piala Asia U-16. Jepang sendiri adalah juara bertahan turnamen ini.

Sementara catatan terbaik Indonesia di Piala Asia U-16 yaitu menduduki peringkat keempat pada tahun 1990. Pada edisi tahun 2018, Indonesia menjadi perempat finalis.

Piala Asia U-16 merupakan kompetisi yang sekaligus menjadi kualifikasi menuju Piala Dunia U-17.

Sebanyak empat negara yang berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U-16 2020 berhak mengikuti Piala Dunia U-17 tahun 2021 yang diadakan di Peru.

Baca juga: Timnas U-16 latihan daring saat pandemi COVID-19
Baca juga: Timnas U-16 Indonesia tetap optimistis meski berada di grup sulit

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020