Total yang sembuh hingga hari ini 167 orang. Kurang lebih ini sudah mencapai sebanyak 73 persen
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Persentase kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, hingga 26 Juni 2020 tercatat mencapai 73 persen dari total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 228 orang.

Kenaikan angka persentase kesembuhan dari sebelumnya 55 persen disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung, Galih Nusantoro seiring penambahan kesembuhan sebanyak 43 pasien pada Jumat.

Baca juga: Sejumlah 66 pasien COVID-19 Tulungagung sembuh dan langsung pulang

"Total yang sembuh hingga hari ini 167 orang. Kurang lebih ini sudah mencapai sebanyak 73 persen dari total 228 yang terkonfirmasi positif. Ini pertambahan yang signifikan," papar Galih.

Jumlah total kasus sebanyak 228 orang itu sudah termasuk penambahan empat kasus terkonfirmasi positif baru, yakni dari wilayah Kecamatan Sumbergempol sebanyak tiga orang dan dari Kecamatan Tulungagung satu orang.

Baca juga: Pasien karantina Tulungagung keluhkan ketidakpastian SOP COVID-19

Satu kasus baru dari Tulungagung ini merupakan pasien berstatus PDP (pasien dalam pengawasan) yang meninggal pada 14 Juni, dan hasil tes usap baru keluar atau diterima GGTP Tulungagung pada Jumat.

Pasien sembuh tersebut tersebar di 11 kecamatan, dengan terbanyak dari Kecamatan Kedungwaru (sebanyak 17 pasien).

"Dari 43 orang yang terkonfirmasi sembuh ini, empat di antaranya merupakan pasien anak atau usia bawah umur," ujarnya.

Baca juga: Tulungagung konfirmasi 41 tambahan kasus baru COVID-19

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Tulungagung hingga saat ini dengan demikian tercatat sebanyak tiga orang, dengan semua memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta yang sudah kronis.

Sementara untuk pasien berstatus PDP (pasien dalam pengawasan) sampai dengan juni jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 653 orang, pasien sembuh sebanyak 444, masih dirawat 19 dan dengan rasio kasus kematian sebanyak 190 orang.

Angka kematian ini termasuk tiga pasien PDP yang kemudian hasil tes usap terkonfirmasi positif SARS-Cov-2, selama kurun Maret hingga Juni 2020. 

Baca juga: Angka kesembuhan pasien COVID-19 Tulungagung capai 50 persen
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020