Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan ibu memiliki peran dalam memperkokoh ketahanan mental keluarga dan juga berperan dalam mempertahankan keutuhan bangsa di tengah pandemi COVID-19.

"Saat ini kita berada dalam kondisi yang memprihatinkan dengan merebaknya pandemi COVID-19 dan saat ini memasuki era adaptasi kebiasaan baru. Tetapi kita tidak boleh lupa dan selalu melekat di jiwa kita untuk tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah berlangsungnya pandemi COVID-19. Pada hari ini adalah hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke 27, yang mana peran seorang ibu adalah memperkokoh ketahanan mental keluarga terutama dalam masa pandemi," ujar Giwo dalam webinar "Menjaga Keutuhan Bangsa Ditengah Pandemi COVID-19 Melalui Sosialisasi Empat Pilar" di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah pandemi COVID-19 dapat dilakukan melalui sosialisasi empat pilar dan memperkuat pendidikan kewarganegaraan.

Baca juga: Kowani siapkan tatanan adaptasi normal baru dengan berbasis keluarga

"Dengan menanamkan pemahaman yang mendalam terhadap empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Melalui pendidikan kewarganegaraan, maka kita sebagai para perempuan yang menyiapkan generasi penerus bangsa didorong untuk menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan kearifan lokal seperti toleransi antarumat beragama, kebebasan yang bertanggungjawab, gotong royong, kejujuran, dan cinta Tanah Air serta kepedulian antarwarga masyarakat.

Dalam webinar yang dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo itu, Giwo menambahkan hal itu sejalan dengan poin kedua tugas pokok organisasi Kowani yaitu menghayati, mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan UUD 1945 serta memupuk rasa kebanggaan dan rasa bangga sebagai perempuan yang cinta Tanah Air.

"Kowani yang memiliki sejarah turut serta berjuang dalam kemerdekaan negara ini, akan selalu mendukung empat pilar untuk dapat berdiri kokoh dan dipertahankan," jelas dia.

Baca juga: Kowani: Perempuan yang mudah percaya hoaks rentan terjerat terorisme

Pancasila sebagai dasar negara telah menjabarkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, kedamaian, persatuan, keadilan mufakat dan kesejahteraan bersama.

Sementara, UUD 1945 telah memberikan prinsip kekuasaan, hak asasi, demokrasi, serta gotong royong. NKRI sebagai perwujudan dari negara kesatuan yang terbentuk dari hasil perjuangan dan komitmen para pendahulu, harus dipertahankan. Serta Bhinneka Tunggal Ika yaitu landasan yang menuntun sikap untuk senantiasa rukun dan saling menghormati serta menoleransi beragam perbedaan agar menjadi bangsa yang besar dan penuh kemajemukan.

"Dengan mengisi kemerdekaan ini melalui kedamaian, maka itu menunjukkan karakter yang berkepribadian baik sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Nilai-nilai empat pilar kebangsaan harus mampu menjadi kesatuan bangsa pada era pandemi ini," imbuh dia.***3***

Baca juga: Kowani minta adanya standar pembelajaran daring
Baca juga: Kowani : Perempuan paling terdampak COVID-19
Baca juga: Kowani ajak para ibu menjadi kunci penanganan pandemi COVID-19

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020