Jika kendaraan umum yang akan dinaiki padat dan sulit menjaga jarak maka gunakan pelindung wajah dan masker
Jakarta (ANTARA) - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan warga masyarakat yang ingin menggunakan angkutan umum harus memerhatikan tujuh protokol kesehatan.

"Pertama memastikan diri dalam kondisi yang sehat, jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas tetap di rumah," kata Reisa di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Dokter Reisa sarankan orang risiko tinggi COVID-19 olahraga di rumah

Kedua, jika betul-betul membutuhkan transportasi umum untuk bepergian, disarankan menggunakan transportasi yang menerapkan jumlah penumpang terbatas.

Selanjutnya, ujar Reisa, calon penumpang wajib selalu menggunakan masker termasuk saat berada di dalam kendaraan. Kemudian termasuk pula rajin mencuci tangan atau minimal menggunakan cairan pembersih tangan.

Baca juga: Dokter Reisa ingatkan salon untuk jalankan protokol kesehatan

Poin kelima, kata dia, para penumpang angkutan umum diimbau tidak menyentuh area wajah terutama mata, hidung dan mulut saat tangan dalam keadaan kotor.

"Keenam tetap perhatikan jaga jarak fisik minimal satu meter dengan orang lain," ujarnya.

Terakhir, apabila kendaraan umum yang akan dinaiki tersebut padat penumpang dan sulit untuk menjaga jarak fisik maka penggunaan pelindung wajah dan masker sangat direkomendasikan.

Baca juga: Dokter Reisa sarankan rumah dan kantor punya sirkulasi udara baik

Ia mengatakan panduan protokol kesehatan tersebut dirumuskan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan untuk melindungi mobilitas masyarakat.

Pemerintah menyadari mobilitas merupakan bagian dari produktivitas masyarakat dan transportasi umum adalah sarana yang dipromosikan oleh banyak negara karena ramah lingkungan, efisien termasuk upaya mengurangi polusi udara.

Baca juga: Dokter Reisa: Sistem terintegrasi BLC bantu masyarakat beraktivitas

Namun, dalam kondisi saat ini semua pihak diminta memastikan keamanan dalam menggunakan transportasi umum dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

"Disiplin adalah kunci dari berhasilnya adaptasi ini, dan keberhasilan adaptasi kebiasaan baru menentukan berhasilnya kita tetap produktif dan aman dari COVID-19," ujar dia.

Baca juga: Gugus Tugas ingatkan protokol kesehatan bagi pengelola fasilitas umum

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020