Jaga amanah. Selamat Hari Bhayangkara
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan potongan tumpeng kepada anggota polisi lalu lintas (polantas) yang setiap hari berjaga di perempatan Kuningan, pada peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang digelar di kediaman dinasnya.

Ketua DPR Puan Maharani di Jakarta, Rabu, meminta secara khusus anggota polantas yang bertugas di kawasan yang terdekat dengan kediaman dinasnya ikut acara tumpengan Hari Bhayangkara 2020. Anggota polantas yang mendapatkan potongan tumpeng dari Puan yakni Aiptu Jan Roverson Siagian (51 tahun).

Pada kesempatan tersebut, Puan meminta kepada anggota polantas yang setiap hari bersentuhan dengan masyarakat dan mewakili wajah Polri, agar menjaga citra Polri.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Jazilul Fawaid ingin Polri lebih kerja untuk rakyat

"Jaga amanah. Selamat Hari Bhayangkara," kata Puan sambil menyerahkan potongan tumpeng kepada Siagian.

Ketua DPR itu berharap di Hari Bhayangkara ke-74, Polri semakin profesional. Sikap profesional Polri diwujudkan dalam penegakan hukum yang berkeadilan dan terpercaya.

“Kita juga ingin proses hukum yang dilakukan Polri berlangsung cepat dan efektif sehingga tidak membebani masyarakat yang ingin mencari keadilan,” katanya.

Puan yang mengenakan kebaya nasional saat mengikuti upacara itu juga meminta agar pelayanan publik yang dilakukan Polri terus dioptimalkan dan tetap memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas.

"Pengawasan internal perlu ditingkatkan agar disiplin anggota Polri terus meningkat sehingga tidak ada lagi kasus-kasus yang mencoreng citra Polri," tuturnya.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Mahfud minta Polri tetap terbuka terhadap kritik

Di masa pandemik seperti ini, Puan Maharani mengharapkan agar Polri terus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga dapat menjalani normal baru dengan kondusif.

"Pemeliharaan keamanan dan ketertiban juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dari dampak pandemik COVID-19," ucapnya.

Khusus menghadapi Pilkada Serentak 2020, Desember nanti, Puan meminta Polri bersiap mengemban tugas berat, berharap peran besar Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Agar Pilkada serentak dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis," demikian Puan.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Kapolri minta maaf bila kinerja Polri belum maksimal

Baca juga: Kapolda Jatim harap Polri lebih maksimal bantu tangani COVID-19

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020