KPKP Jakarta Pusat cek 110 ekor hewan kurban di Senen

id hewan kurban, COVID-19, KPKP Jakarta Pusat

Ilustrasi - Penjualan hewan kurban di Pasar Kambing Sabeni, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (ANTARA News/Dewa Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban sebanyak 110 ekor di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.

"Jadi selain melakukan pemeriksaan kesehatan biasa, kami juga melakukan surveilans antraks," kata (Plt.) Kasudin KPKP Jakarta Pusat Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pengecekan kesehatan 36 ekor sapi dan 74 ekor kambing itu merupakan pengecekan hewan kurban perdana yang dilakukan oleh Sudin KPKP Jakarta Pusat di tahun 2020.

Ia mengatakan, pada kesempatan itu, hanya satu (yang diperiksa) hewan yang diperiksa karena biasanya H-14 baru mulai ramai dan ada tempat penampungan.

"Kebetulan yang tadi itu (tempat penampungannya) besar, dan di pinggir jalan sehingga langsung diperiksa," ujarnya.

Suharini mengatakan beberapa standar yang digunakan dalam pemeriksaan penampungan hewan kurban itu adalah umur hewan, suhu tubuh hewan, ketersediaan pangan, dan kesehatan fisik hewan kurban.

"Secara keseluruhan kondisi hewan ternak sehat. Tadi ada banyak plastik-plastik. Takut dimakan oleh hewan ternak itu bahaya. Jadi kita sampaikan untuk segera dibersihkan," kata Suharini.

Disamping menjaga kesehatan hewan, Suharini mengimbau pedagang dan pengunjung di penampungan hewan kurban agar tetap menjaga ketat berjalannya protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Pemeriksaan suhu tubuh juga diharapkan dapat dilakukan oleh pedagang dan pengunjung untuk memastikan keduanya dalam kondisi yang sehat.

"Kita imbau mereka (pedagang dan pengunjung) untuk rajin cuci tangan, pakai masker, dan rajin menjaga jarak. Agar lebih peduli di tengah kondisi COVID-19," ujar Suharini.

Baca juga: Sudin KPKP Jakpus siapkan 31 petugas periksa hewan kurban
Baca juga: Pemkot Jakpus intensifkan pemeriksaan hewan kurban mulai 20 Juli



Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar