Solo (ANTARA) - Bandara Adi Soemarmo Surakarta saat ini melayani empat maskapai penerbangan pascapemberlakuan normal baru dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Saat ini yang melakukan perjalanan melalui Adi Soemarmo, yaitu Garuda Indonesia, Batik, Citilink, dan Nam Air," kata Perwakilan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi di Solo, Jumat.

Ia mengatakan untuk tiga maskapai di antaranya, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air melayani rute Jakarta. Sedangkan untuk Nam Air melayani rute Pontianak.

"Saat ini keempatnya sudah melayani penerbangan setiap hari seiring dengan adanya kenaikan jumlah penumpang," katanya.

Ia mengatakan jika sebelum diberlakukannya normal baru jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Adi Soemarmo di bawah 50 orang, saat ini rata-rata setiap harinya sudah lebih dari 50 penumpang baik yang turun maupun berangkat.

Meski demikian, dikatakannya, sejauh ini belum ada informasi terbaru terkait adanya penambahan maskapai yang akan membuka penerbangan kembali melalui Bandara Adi Soemarmo.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan mengatakan dengan kenaikan jumlah penumpang ini pihak manajemen Bandara Adi Soemarmo terus meningkatkan protokol kesehatan.

"Baik dari pengecekan dokumen, maupun pengecekan suhu tubuh, penyiapan 'hand sanitizer', serta pembersihan secara intens dan berkala dengan disinfektan," katanya.

Upaya lain yang dilakukan oleh pihak Bandara Adi Soemarmo dalam upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19, dikatakannya, adalah dengan menyediakan pelayanan tes cepat di Terminal Bandara dengan biaya Rp150.000.



Baca juga: Batasi kapasitas terminal, Bandara Adi Soemarmo sambut normal baru

Baca juga: Mulai Juni Adi Soemarmo sisakan dua maskapai

Baca juga: Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi kembali mulai hari ini

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020