Pemilihan pendahuluan ini merupakan kali pertama kita memberi tahu pemerintah di Beijing bahwa warga Hong Kong tidak akan pernah tunduk kepada China,
Hong Kong (ANTARA) - Pihak oposisi Hong Kong menyiapkan tempat pemungutan suara di seluruh wilayah kota itu pada Sabtu untuk menggelar pemilihan pendahuluan, bertujuan memilih kandidat dari partai demokrasi yang akan berkompetisi dalam pemilu legislatif pada September mendatang.

Pemilihan pendahuluan itu dilakukan di bawah bayang-bayang dari undang-undang keamanan nasional yang baru diberlakukan kurang dari dua pekan terakhir oleh pemerintah pusat China--yang kontroversial karena dianggap merusak kebebasan masyarakat Hong Kong.

Regulasi itu akan menjerat pelaku pelanggaran, yang oleh China disebut sebagai pemisahan diri, makar, terorisme, dan persekongkolan dengan kekuatan asing, dengan hukuman hingga seumur hidup di dalam penjara, serta mengizinkan pihak keamanan China beroperasi di Hong Kong untuk pertama kalinya.

Baca juga: Pemerintah larang mars "Glory to Hong Kong" dinyanyikan di sekolah
Baca juga: China ubah hotel Hong Kong jadi kantor baru keamanan nasional


Pada Jumat (10/7) malam sebelum pemungutan suara, kepolisian menggeledah kantor Robert Chung, pemilik lembaga survei independen Hong Kong Public Opinion Research Institute yang membantu mengatur pemilihan pendahuluan oposisi.

"Pemilihan pendahuluan ini merupakan kali pertama kita memberi tahu pemerintah di Beijing bahwa warga Hong Kong tidak akan pernah tunduk kepada China," kata aktivis pro demokrasi Joshua Wong.

"Kami mendesak dunia untuk menyorot Hong Kong dalam pandangan global," ujar dia yang berbicara menjelang dibukanya tempat pemungutan suara pada tengah hari waktu setempat.

Sementara pemilihan pendahuluan ini dilakukan hanya untuk kelompok oposisi, para pengamat turut mengawasinya, mengingat bahwa mereka menyebut banyaknya pemilih yang ikut serta akan menentukan penentangan yang lebih luas terhadap regulasi keamanan nasional.

Pemilihan pendahuluan ini juga akan meningkatkan kesempatan bagi kandidat pihak demokrasi untuk meraih setidaknya 35+1 suara dalam total 70 kursi legislator tersedia yang diperebutkan pada 6 September, sehingga memungkinkan mereka mempunyai kuasa untuk menghalangi usulan pemerintah.

Sebelumnya, pihak oposisi berhasil mengantongi kemenangan telak pada pemilu dewan daerah November tahun lalu. Hal itu turut memberikan dukungan pada gerakan protes anti pemerintah yang berjalan sekitar setahun belakangan.

Sumber: Reuters

Baca juga: UU keamanan berlaku, KJRI Hong Kong perhatikan nasib pekerja migran
Baca juga: China minta Australia berhenti campuri urusan Hong Kong

Penerjemah: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020