Sepekan, bantuan Menteri BUMN hingga lagu "Indonesia Raya"

id Banir Kalimantan Barat,Banjir Bandang,Bantuan Menteri BUMN,Penanganan COVID-19,Zona Hijau Lampung,Zonasi COVID-19,Adaptasi Kebiasaan Baru,Indonesia Ra

Sejumlah petugas kepolisian berdiri di atas jembatan penghubung antardesa yang ambruk di Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (9/7/2020). Sebanyak enam rumah warga dan satu jembatan penghubung antardesa di Desa Nekan, Kecamatan Entikong yang berbatasan dengan Malaysia tersebut rusak parah akibat diterjang banjir bandang setelah hujan deras turun selama tiga jam pada Rabu (8/7/2020). ANTARA FOTO/Agus Alfian/jhw/h

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir serahkan bantuan penanganan COVID-19 ke Provinsi Jawa Timur hingga kebiasaan baru menyanyikan lagu "Indonesia Raya" saat 17 Agustus.

Berikut berita-berita yang menjadi perhatian pembaca:

1. Banjir bandang terjang dua dusun di Kalimantan Barat

Banjir bandang setinggi 1,5 meter menerjang dua dusun di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu sore (8/7).

Akibat peristiwa tersebut ratusan rumah warga beserta sejumlah sekolah dan kantor desa rusak parah. Selain itu jembatan penghubung utama juga terputus yang membuat warga di dua dusun tersisolasi.

2. Menteri BUMN serahkan bantuan penanganan COVID-19 di Jatim

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyerahkan bantuan penanganan virus corona ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur berupa obat-obatan dan alat kesehatan.

"Semoga bantuan ini bisa membantu dan mempercepat penanganan COVID-19 di Jatim," kata Erick Thohir di sela penyerahan bantuan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu siang (5/7).

3. Enam wilayah di Lampung masuk zona hijau

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan ada dua tambahan wilayah yang masuk zona hijau sehingga total terdapat enam daerah dari 15 kabupaten/kota di provinsi tersebut yang sudah berzona hijau.

"Dua wilayah itu yakni Kabupaten Waykanan dan Kota Metro," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Selasa (7/7).

4. Ada kebiasaan baru saat peringatan 17 Agustus 2020

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dari tempatnya masing-masing saat dikumandangkan dalam uUpacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka 17 Agustus 2020 sebagai sebuah baru di tengah pandemi COVID-19.

"Sesuai arahan Presiden kita akan mulai berbagai kebiasaan baru, walau nanti setelah COVID-19 berakhir kebiasaan ini kita harapkan akan terus kita lakukan bersama di tempat publik dan keramaian agar bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat perayaan 17 Agustus dilakukan," kata Wishnutama di Jakarta, Senin (6/7).

5. Kemensos mulai cairkan BST tahap III di Bandung

Kementerian Sosial mulai mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap III untuk 99.575 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang masih sebesar Rp600.000 per bulan.

"Sampai Desember mereka akan menerima Rp300.000. Hal ini dikarenakan untuk Juli sampai Desember itu sudah dalam masa pemulihan, aktivitas ekonomi juga sudah mulai bergerak. Program pemulihan ekonomi lainnya pun mulai digelontorkan,” kata Juliari dalam keterangannya di Bandung, Minggu (5/7).

Baca juga: Angka pernikahan dini di Kaltim masih tinggi, capai 13,9 persen

Baca juga: Menko Luhut dorong IKM/UKM NTB manfaatkan teknologi digital

Baca juga: 119 pasien COVID-19 di Kabupaten Jayapura dinyatakan sembuh


 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar