Forum Anak sampaikan Suara Anak Indonesia 2020 kepada Menteri PPPA

id Suara Anak Indonesia,Forum Anak Nasional,Hari Anak Nasional,Bintang Darmawati Puspayoga,Pelindungan Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak warga pengungsian korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak mengunakan masker untuk pencegahan COVID-19. ANTARA/Masyur S/am.

Jakarta (ANTARA) - Perwakilan Forum Anak dari seluruh Indonesia menyampaikan 12 Suara Anak Indonesia 2020 yang akan dibacakan pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2020 kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

"Dari 12 poin dalam Suara Anak Indonesia itu, kami sepakat memilih tiga poin untuk menjadi isu prioritas 2020," kata pengurus Forum Anak Riau Tegar Islami Putra dalam audiensi Forum Anak dengan Menteri PPPA secara virtual yang diikuti melalui akun Youtube Forum Anak Nasional di Jakarta, Kamis.

Tiga isu prioritas yang diusung dalam Suara Anak Indonesia 2020 secara umum menunjukkan kepedulian Forum Anak terhadap pemerataan akses kesehatan dan pendidikan bagi seluruh anak di Indonesia.

Isu prioritas pertama adalah dukungan anak Indonesia kepada pemerintah untuk meningkatkan penanganan kesehatan mental serta fisik anak melalui penyebaran informasi tentang protokol kesehatan, mempercepat akses air bersih secara menyeluruh, dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Isu prioritas kedua adalah memohon kepada pemerintah untuk memeratakan akses internet dan menyesuaikan kurikulum untuk pembelajaran jarak jauh dengan mempertimbangkan keadaan daerah masing-masing," kata Tegar.

Sementara isu prioritas ketiga adalah memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar serta meningkatkan pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus.

Menanggapi ketiga isu prioritas tersebut, Bintang Puspayoga memuji kepedulian anak-anak Indonesia terhadap pemerataan pendidikan, termasuk kepada anak-anak yang kurang beruntung secara fisik karena mengalami disabilitas.

"Bunda sangat bangga melihat ini. Kalian memikirkan saudara-saudara kita yang kurang beruntung dari segi fisik," katanya.

Suara Anak Indonesia merupakan hasil keluaran dari pertemuan Forum Anak Nasional yang biasanya diadakan secara rutin setiap tahun menjelang Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli.

Suara Anak Nasional biasanya dibacakan pada acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional yang dihadiri Presiden.

Karena pandemi COVID-19, pembahasan Suara Anak Indonesia dilakukan secara virtual oleh para pegiat Forum Anak di seluruh Indonesia melalui berbagai seminar daring. 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar