BKPM secara aktif melakukan pendekatan dan memfasilitasi para investor, mulai dari tahap promosi, untuk merayu investor
Jakarta (ANTARA) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan sejumlah strategi untuk menggaet investor tetap berinvestasi di Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

"Untuk tetap meyakinkan investor agar berinvestasi di Indonesia, BKPM secara aktif melakukan pendekatan dan memfasilitasi para investor, mulai dari tahap promosi, untuk merayu investor," kata Direktur Pengembangan Promosi Investasi BKPM Alma Karma saat webinar bertajuk "Arsitektur Investasi dalam Mendukung Penciptaan Lapangan Kerja", Selasa.

Baca juga: Perusahaan relokasi dari China lakukan "groundbreaking" di Subang

Strategi berikutnya adalah melakukan pengawalan dalam layanan perizinan, mengawal dalam hal keuangan hingga pada tahap produksi dan realisasi investasi.

Selain itu, untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui investasi langsung, BKPM berupaya melakukan penyederhanaan perizinan dan peningkatan kepastian berusaha.

"Selain itu, terdapat daftar positif investasi, melakukan percepatan sistem perizinan terintegrasi, memfasilitasi realisasi investasi industri skala besar, sektor pariwisata, dan infrastruktur. Terakhir yakni promosi investasi yang terfokus," ujarnya.

Alma menambahkan pandemi COVID-19 membawa dampak bagi perekonomian Indonesia, termasuk pada sektor investasi.

Pandemi COVID-19, tambahnya, mengakibatkan penurunan volume perdagangan global, hingga penurunan realisasi investasi, baik penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri.

Dari sisi investasi, keputusan investor untuk melalukan investasi baru ataupun ekspansi di Indonesia akan terpengaruh juga.

"Karena adanya penurunan permintaan yang berakibat pada menurunnya pendapatan perusahaan. Dan ini akan mengakibatkan mereka menunda melakukan investasi baru atau ekspansi," pungkas Alma.

Baca juga: Kepala BKPM Bahlil minta aparat tak persulit investor
Baca juga: BKPM catat investasi selama pandemi datang dari pelaku UKM


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020