Melihat kondisi ini, kami akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50 persen dari total penumpang di Soekarno-Hatta,
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II tengah mengoptimalkan kapasitas slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, di mana sejumlah penerbangan pindah terminal mulai 23 Juli 2020, termasuk Citilink Indonesia yang pindah ke Terminal 3.

“Melihat kondisi ini, kami akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50 persen dari total penumpang di Soekarno-Hatta,” ujar Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Wasid menuturkan penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal itu dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink dari Terminal 2D ke Terminal 3, dan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020.

Wasid menambahkan pemindahan penerbangan ini sebagai langkah optimalisasi karena pergerakan penerbangan mulai pulih, termasuk pintu gerbang utama Indonesia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada Juli ini, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan per hari atau meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan per hari.

“Jumlah pergerakan ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi COVID-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat,” katanya.

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1–20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34 persen dari sebelumnya hanya sekitar 10 persen.

Wasid mengatakan meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno-Hatta.

“Di tengah COVID-19 ini Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70 persen total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30 persen dilayani melalui Terminal 3,” katanya.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan mulai 23 Juli 2020 seluruh penumpang Citilink akan memproses keberangkatan dan ketibaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

“Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat,” jelas Agus.

Dengan demikian, ujar Agus Harydi, nantinya di Terminal 3 akan dilayani penerbangan rute domestik dari Garuda Indonesia dan Citilink.

Di Terminal 3 saat ini juga dilayani penerbangan rute internasional yang dioperasikan oleh maskapai nasional dan maskapai asing.

Baca juga: Jokowi minta Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta segera dibangun

Baca juga: Desain pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta resmi dimulai

Baca juga: Tingkatkan pendapatan tambahan, Citilink luncurkan boarding pass baru

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020