... percepatan program dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak mulai di bangku sekolah
Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat  H. Sutarmidji meminta Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo untuk percepatan program sertifikat keahlian perikanan dan kelautan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang perikanan dan kelautan yang ada.

"Dengan percepatan program tesebut dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak mulai di bangku sekolah," kata Sutarmidji saat menghadiri kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo ke Kalbar dalam kegiatan 'Conference Pers Tertangkapnya Dua Unit Kapal Ikan Asing Asal Vietnam' di kantor Stasiun PSDKP Pontianak, Rabu.

Dia menatakan, Kalbar memiliki sekolah perikanan, sesuai dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Untuk itu, lanjutnya, sebagai Gubernur, diriya mendukung agar anak-anak (siswa-siswi) memiliki skill (keterampilan) yang hebat dalam hal bidang perikanan.

"Saya setuju dengan program bapak menteri itu, namun saya berharap program sertifikat keahlian segera terlaksana agar kita miliki SDM yang unggul sejak sekolah," tuturnya.
Baca juga: KKP sosialisasikan "Si Cantik" inovasi sertifikasi ekspor dari Kalteng
Baca juga: KKP dorong pengusaha perikanan terapkan standar sertifikasi global


Dirinya juga berharap, untuk program SMK siswa-siswi tidak perlu belajar terlalu selama tiga tahun cukup dua tahun saja setelah itu di magangkan dan sertifikasi agar memiliki keahlian guna meningkatkan SDM.

"Saya sangat mendukung program keahlian supaya anak-anak kita mempunyai skill (keterampilan) yang hebat dalam hal bidang perikanan dan kelautan agar SDM kita bersaing dengan negara lainnya," tuturnya.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji juga memberikan apresiasi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo dalam upaya penanganan kapal asing yang berhasil ditangkap oleh jajaran Kementerian Perikanan dan Kelautan sangat cepat. Sehingga tidak ada lagi kapal asing memasuki dan menggambil hasil laut yang dimiliki secara ilegal.

"Dalam penanganan tindak lanjut kapal asing yang ditangkap selama bapak Menteri Edhy sangat cepat. Tadi saya liat ada kapal-kapal tenggelam dan sebagainya, itu karena penangangan lanjutannya lambat namun kalo sekarang cepat, semoga kedepan ini terus berjalan sehingga kapal-kapal sitaan itu tidak menjadi beban untuk pemeliharaannya selama proses hukum berjalan, saya sangat berapresiasi kepada bapak menteri" kata Sutarmidji.
Baca juga: KKP dorong perwujudan SDM unggul melalui sertifikasi kompetensi

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020