Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pembalap gokart Indonesia tidak satu pin berhasil meraih satu juara pun di lomba gokart internasional di Sepang, Malaysia, walaupun kejuaraan itu disponsori oleh perusahaan Indonesia Red White Racing bekerjasama dengan lembaga pendidikan Brasil Sangari.

"Ada 20 pembalap gokart Indonesia yang ikut dalam lomba gokart di Sepang ini meliputi tiga kategori, sayangnya tidak ada yang berhasil mendapatkan juara," kata Managing Director Red White Racing (RWR) Stanley Iriawan di Sepang, Minggu.

Sebanyak 20 pembalap gokart Indonesia ikuti lomba internasional bersaing di antara 118 pembalap dari 14 negara di Sepang, 21-22 November 2009.

Ada tiga kategori yang diperlombakan yakni kelas Micromax 8-12 tahun, Rotax 13-16 tahun, dan Rotax Senior 17 tahun ke atas untuk memperebutkan hadian berupa uang 11.500 dolar AS per kategori.

Untuk kategori Micromax, ada sembilan pembalap Indonesia ikut serta dengan pembalap unggulan Perdana Putra Minang, kemudian kategori Rotax Junior ada enam pembalap Indonesia dengan pembalap unggulan Yasuo Senna Iriawan, dan kategori Rotax senior ada lima pembalap dan pembalap unggulan adalah Zahir Ali.

Namun tak ada satupun juara yang diraih dari lima juara dalam masing-masing kategori. Pembalap unggulan Perdana Putra Minang yang berada di posisi ke-2 saat start ternyata hanya mampu di posisi ke-15 dari 29 peserta.

Pemenang di kelas Micromax ialah, Suhaizarul (Malaysia) juara satu, disusul oleh Giuliano Rancci (Brasil), Jon Lee (Singapura), Muhammad Luqman (Malaysia), dan Maximilian Fewtrelle (Singapura).

Pemenang di kelas Rotax Junior ialah Mohd Nabil Jeffri (Malaysia) juara satu, disusul oleh
Victor Franzoni (Brasil), Rahul Raj (Malaysia), Kittitat Vongprai (Thailand), Parth Karnasing Ghopard (India).

Pemenang di kelas Rotax Senior Martin Pierce (Irlandia) juara satu, disusul oleh Ruichi Nora (Jepang), Mohammad Arfiq (Malaysia), Sotaro Mimura (Jepang), dan Mohamed Farriz Fauzi (Malaysia).

Walau pun begitu, RWR masih akan terus mensponsori lomba gokart internasional agar pembalap Indonesia mampu berperan di kelas dunia. Alasan RWR mensponsori lomba gokart internasional di Sepang adalah untuk mencari bibit-bibit pembalap F1 asal Indonesia.

"Mereka perlu bersaing di tingkat internasional. Ingat hampir semua pembalap F1 merupakan jebolan pembalap gokart misalkan Michael Schumacher, Ayrton Senna, Lewis Hamilton, Kimi Raikonnen, dan Felipe Massa," tambah Stanley.

"Kami dari Red White Racing tidak saja akan mensponsori lomba gokart internasional di Sepang, tapi juga akan mensponsori grand final gokart di Mesir, lomba gokart internasional di Indonesia tahun 2010, dan lomba gokart internasional di Brasil tahun 2011," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009