Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan dirinya dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah mendapatkan hasil negatif dari tes usap (swab) guna mendiagnosa virus Corona tipe baru (COVID-19).

“Tadi malam sudah keluar hasil tes swab-nya. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif," ujar Presiden di sela-sela berolahraga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Baca juga: Presiden Jokowi jalani tes kesehatan termasuk swab

Tes usap kepada Presiden Jokowi dilakukan Jumat (25/7) sebagaimana jadwal pemeriksaan kesehatan rutin Presiden.

Presiden mengatakan saat ini kondisinya dalam keadaan sehat dan prima.

“Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik," ujarnya.

Kepala Negara juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Protokol kesehatan itu seperti berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, tidak berkerumun dan menjaga jarak.

Baca juga: Perangkat Istana jalani "rapid test" setiap hari

Perilaku disiplin terhadap protokol kesehatan, kata dia, sangat berperan penting untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah.

"Saya berulang-berulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus," ujarnya.

Baca juga: Istana : Setiap tamu Presiden Jokowi diperiksa kesehatan secara ketat

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020