London (ANTARA) - Duta Besar China untuk London pada Kamis mengatakan Amerika Serikat sedang berusaha menyulut Perang Dingin baru dengan Negara Komunis tersebut lantaran sedang mencari kambing hitam menjelang pemilu presiden November mendatang.

"Bukan China (yang menjadi) tegas. Ada sisi lain dari Samudera Pasifik yang ingin memulai Perang Dingin baru dengan China, sehingga kami harus merespons itu," kata Duta Besar China untuk London Liu Xiaoming kepada awak media. "Kami tidak tertarik dengan Perang Dingin apa pun, kami tidak tertarik dengan perang mana pun."

"Kami semua menyaksikan apa yang sedang terjadi di Amerika Serikat, mereka berupaya mengkambinghitamkan China, mereka ingin menumpahkan kesalahan terhadap China atas masalah mereka sendiri," katanya. "Kami semua tahu bahwa tahun ini bakal digelar pilpres."

"Mereka ingin melakukan apa saja termasuk memperlakukan China sebagai musuh," kata Liu. "Mungkin mereka pikir mereka perlu musuh, mereka pikir mereka menginginkan Perang Dingin tetapi kami tidak berminat, kami selalu memberitahu Amerika bahwa China bukan musuh kalian, China teman kalian, mitra kalian."

Sumber: Reuters

Baca juga: AS perintahkan penutupan konsulat China di Houston
Baca juga: Sebagai balasan, China perintahkan AS tutup konsulat di Chengdu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020