Kepadatan arus lalu lintas juga tidak hanya terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kepadatan juga terpantau terjadi di jalan arteri Cikampek-Karawang
Karawang (ANTARA) - Beberapa titik menjelang "rest area" menjadi salah satu pemicu terjadinya kepadatan arus lalu lintas pada arus balik liburan Idul Adha 1441 Hijriyah, di jalan Tol Jakarta-Cikampek ​​​​​​, Minggu malam.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam penjelasan di Karawang mengatakan arus balik libur Idull Adha di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu malam cukup padat.

Beberapa titik menjelang rest area menjadi pemicu kepadatan arus lalu lintas itu, karena terjadi antrean kendaraan yang akan masuk rest area. Di antaranya menjelang rest area Kilometer 62 dan Kilometer 52.

Atas hal tersebut dilakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem "contraflow" untuk mengurangi kepadatan di titik-titik menjelang rest area itu.

Menurut dia, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak kepolisian. Jasamarga hanya mendukung kelancaran contraflow dengan menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Sementara itu, kepadatan arus lalu lintas juga tidak hanya terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kepadatan juga terpantau terjadi di jalan arteri Cikampek-Karawang.

Di jalan arteri, kendaraan yang mendominasi ialah kendaraan sepeda motor dan mobil pribadi.

Untuk melancarkan arus lalu lintas di jalan Arteri dari arah Cikampek menuju Jakarta dan sekitarnya, polisi menutup sejumlah titik putaran arah atau "U-turn". 

Baca juga: Polisi: Peningkatan arus balik sebab warga manfaatkan momen Idul Adha

Baca juga: Kakorlantas imbau pemudik pulang lebih awal hindari kemacetan

Baca juga: 734 Polantas mengawal mudik dan arus balik Idul Adha



 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020