Kemarin, deflasi Juli hingga Indonesia Online Festival

id Deflasi,Jokowi,Jalintim,Menperin,Online festival

Kepala BPS Suhariyanto. ANTARA/Humas BPS/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (3/8) kemarin, mulai dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi pada Juli 2020 hingga Indonesia Online Festival.

1. BPS: Deflasi Juli dipicu banyaknya harga pangan yang turun tajam
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat turunnya harga komoditas telah memicu terjadinya deflasi pada Juli 2020 sebesar 0,10 persen.

"Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga bawang merah, daging ayam ras, maupun tarif angkutan udara," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Simak selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi : Indonesia butuh 9 juta talenta digital
Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan untuk mentransformasikan cara kerja ke ranah digital di segala sektor.

Dengan begitu, Indonesia membutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital setiap tahunnya untuk membangun ekosistem digital di Tanah Air.

Simak selengkapnya di sini

3. Pemerintah tanda tangani proyek Jalintim Sumatera
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menandatangani kerja sama penjaminan dan regres proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, di Sumatera Selatan.

"Saya pribadi suka dengan KPBU, dengan ini berarti disangga bareng-bareng, di-manage bareng, ya mudah-mudahan tujuannya menjadi lebih baik hasilnya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penjaminan dan Regres Proyek KPBU Preservasi Jalintim Sumatera di Jakarta, Senin.

Simak selengkapnya di sini

4. Menperin sebut usulan keringanan biaya listrik industri disetujui
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan bahwa usulan keringanan biaya listrik untuk industri telah disetujui, di mana usulan tersebut digulirkan sebagai upaya perlindungan sektor industri nasional dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19.

“Usulan ini dilakukan sebagai upaya membantu sektor industri tetap survive atau dapat beroperasi secara efisien. Sebelumnya, sudah ada kebijakan penurunan harga gas. Kami pun telah mengusulkan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan atas impor barang untuk keperluan penanganan pandemi COVID,” kata Menperin lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

Simak selengkapnya di sini

5. Indonesia Online Festival beri ruang pelaku kreatif ciptakan ekosistem
Indonesia Online Festival Vol. 2, yang diinisiasi insan kreatif dari PK Entertainment dan digelar pada 31 Juli-2 Agustus 2020 dalam berbagai platform digital, menjadi wujud inovasi untuk menciptakan ekosistem digital yang positif di era adaptasi kebiasaan baru.

Founder & CEO PK Entertainment Group Peter S Harjani dalam pernyataannya dikutip di Jakarta, Senin, mengatakan saat ini berkembang tren masyarakat beralih ke dunia daring untuk memenuhi kebutuhan atas hiburan dan sumber informasi.

Simak selengkapnya di sini
 


Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar