Petugas gagalkan upaya penyelundupan 1,1 ton daging celeng di Lampung

id Penyelundupan celeng, bakauheni lampung

Barang bukti daging celeng seberat 1,1 ton yang akan di selundupkan menuju Pulau Jawa. (ANTARA/HO-Karantina Pertanian)

Bandarlampung (ANTARA) - Petugas gabungan yang terdiri atas petugas Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) menggagalkan upaya penyeludupan 1,1 ton daging celeng di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami bersama tim gabungan kemarin kembali menggagalkan upaya penyelundupan daging celeng seberat 1.100 kg asal Provinsi Sumatera Selatan yang akan di kirim ke Pulau Jawa," ujar Kasi Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung, Karman, saat di hubungi di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan modus penyelundupan dilakukan oleh para pelaku ini dengan menggunakan truk tronton berisi paket untuk mengelabui petugas.

"Daging celeng selundupan di bawa menggunakan truk tronton yang berisi paket, saat di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni tim gabungan berhasil mengamankan upaya penyelundupan 1,1 ton daging celeng tersebut," katanya.

Karman mengungkapkan, setelah petugas melakukan investigasi, ditemukan bahwa 1,1 ton daging celeng tidak dilengkapi dokumen resmi dan pengiriman menyalahi standar keamanan pangan.

"Barang sitaan saat ini sudah diamankan dan berada di pendingin yang nantinya akan diperiksa di laboratorium, sembari kasus di selidiki oleh pihak berwajib," ujarnya.

Baca juga: Mentan : peredaran daging celeng meningkat

Baca juga: Mentan musnahkan daging celeng di karantina Cilegon

Baca juga: Kementan: penyelundupan daging celeng naik jelang Ramadhan

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar