Dokter: Jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi

id kesehatan

dr Andreas, SpPD. ANTARA/Wuryanti PS

Purwokerto (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto dr Andreas, Sp PD mengingatkan pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi.

"Pada masa pandemi seperti sekarang ini daya tahan tubuh harus tetap terjaga, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan konsumsi makanan bergizi," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Baca juga: Konsumsi makanan sehat jadi kebiasaan baru selama pandemi

Dia menambahkan makanan bergizi berarti makanan yang lengkap komposisinya, termasuk kandungan vitamin dan mineralnya.

"Jika asupan makanan bergizi sudah adekuat dan seimbang maka daya tahan tubuh akan terjaga dengan baik," katanya.

Dia menambahkan selain mengkonsumsi makanan bergizi, kebugaran tubuh juga perlu ditingkatkan dengan melakukan olah raga rutin.

Baca juga: Warga Jakarta diingatkan perhatikan nutrisi saat beraktivitas di luar

"Olah raga rutin sangat penting, dalam level sedang saja, sekitar 30 hingga 60 menit per hari sudah mencukupi," katanya.

Selain itu, kata dia, yang juga tidak kalah penting adalah perlunya istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh makin optimal.

"Perlu tidur yang cukup, waktunya sekitar 6 - 8 jam per hari sudah cukup untuk menjaga kondisi tubuh," katanya.

Baca juga: Orang tua diminta perhatikan makanan anak saat wabah, tak asal kenyang

Dia juga kembali mengingatkan pentingnya mencegah berbagai penyakit dengan rutin cuci tangan.

"Cuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit seperti tifoid, diare, flu, dan lain sebagainya khususnya saat masa pandemi seperti sekarang ini cuci tangan secara rutin sangat diperlukan," katanya.

Dia menambahkan, cuci tangan bisa dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20-30 detik, atau bisa juga menggunakan cairan pembersih tangan.

"Kegiatan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat penting dilakukan terutama sebelum memulai makan dan juga sesudah dari toilet, kebiasaan buruk lupa cuci tangan sebelum makan bisa meningkatkan risiko terinfeksi penyakit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit," katanya.

Dia mengatakan selain menjaga kondisi tubuh, masyarakat juga perlu melakukan pola hidup bersih sehat serta menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

"Selain menjaga kondisi tubuh yang terpenting pada masa pandemi ini adalah mengikuti aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan lain sebagainya," katanya.

Dia mengatakan kunci penting dalam menjaga kesehatan pada masa sekarang ini adalah dengan disiplin menerapkan pola hidup bersih sehat dan juga protokol kesehatan.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar