Kita pengin banget semua pengguna kita menyadari pentingnya bersikap bijak dalam membagi berita atau informasi di sosial media
Jakarta (ANTARA) - Penyebaran berita palsu (hoaks), tidak akurat, dan penipuan sering terjadi di sosial media, sehingga sangat penting bagi warganet untuk cermat dan bijak dalam berinteraksi di dunia maya.

Public Policy untuk Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy, mengatakan kenyaman dan keamanan dalam menggunakan sosial media sangat penting ditingkatkan, salah satunya adalah mengenali informasi palsu. Sebab, para pengguna sendirilah yang memiliki kontrol untuk menghentikan penyebaran misinformasi.

"Kita pengin banget semua pengguna kita menyadari pentingnya bersikap bijak dalam membagi berita atau informasi di sosial media," ujar Karissa dalam peluncuran kampanye Facebook #NyamandiSosmed, Rabu.

Baca juga: Facebook tambah fitur video musik saingi YouTube

Baca juga: Aman saat WFH, jangan sembarangan pasang aplikasi


Karissa pun membagikan beberapa tips untuk tetap aman dan nyaman menggunakan Facebook ataupun Instagram, berikut adalah ulasannya. Periksa sumber

Cara termudah untuk melihat informasi tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat alamat URL-nya. Pengguna harus memeriksa situs yang digunakan resmi atau tidak dan mengecek isi beritanya apakah sudah sesuai dengan judul dan kredibel.

"Teliti dan cermat sebelum memberikan informasi apa pun, kayak isi beritanya sama situs web-nya kredibel enggak. Kita cek dulu jangan sampai menyebarkan berita palsu yang bisa membahayakan orang lain," kata Karissa.

Jangan mengklik tautan mencurigakan

Saat menerima tautan dari orang yang tidak dikenal, jangan langsung mengklik-nya. Lihat isi pesannya terlebih dahulu, sebab tautan tersebut bisa jadi adalah bentuk phising atau scamming.

"Kalau menemukan tautan yang berbentuk phising, bisa langsung report (lapor), nanti akan ditindaklanjuti. Kita secara aktif ingin pengalaman aman dan nyaman," ujar Karissa.

Aktifkan autentikasi dua faktor

Ini adalah fitur keamanan yang dapat melindungi akun selain menggunakan kata sandi. Saat menggunakan autentikasi dua faktor, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode login khusus. Jika ada orang lain yang coba untuk mengakses, maka Anda akan langsung mendapat peringatan.

Baca juga: Tips transaksi aman di internet

Laporkan informasi palsu

Saat Anda menemukan berita atau informasi palsu, langsung laporkan hal tersebut ke Facebook. Anda bisa mengklik tiga titik yang ada di pojok kanan atas unggahan, lalu pilih "Laporkan Kiriman" dan pilih lagi "Ini adalah kabar berita salah".

Hentikan penyebaran

Sebisa mungkin berita atau informasi palsu berhenti hanya di Anda dan jangan ikut menyebarkannya kepada orang lain. Dengan Anda menghentikan penyebaran maka Anda telah berpartisipasi untuk membuat sosial media aman dan nyaman.

Baca juga: Facebook luncurkan kampanye edukasi #NyamandiSosmed

Baca juga: Facebook hapus jaringan pro-Trump berbasis di Rumania

Baca juga: Facebook izinkan karyawan bekerja dari rumah hingga Juli 2021


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020