Politik pembangunan juga perlu diarahkan dalam memperkuat industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, penataan pembangunan infrastruktur, dan reformasi birokrasi.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap masyarakat berpartisipasi aktif pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 demi memilih kepala daerah terbaik.

"Kita berharap masyarakat aktif berpartisipasi demi terpilihnya kepala daerah terbaik yang mampu membangun kemajuan di daerahnya," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Puan menjelaskan bahwa Indonesia maju merupakan taman sari dari kemajuan pembangunan daerah. Oleh karena itu, dalam rangka melanjutkan pembangunan kemajuan daerah, Indonesia kembali akan melaksanakan pesta demokrasi di tingkat daerah.

Baca juga: Ketua DPR: Sudah saatnya produk hukum warisan kolonial diganti

"Dengan menggelar pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara serentak di beberapa wilayah," ucap Ketua DPR RI.

Pesta demokrasi tersebut, menurut dia, merupakan suatu proses politik bangsa Indonesia menuju kehidupan politik yang lebih demokratis, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab.

"Kita juga berharap agar partai politik yang merupakan pilar demokrasi sangat penting bagi sistem politik dan demokrasi di negara kita juga turut berperan aktif dalam memberi teladan bagaimana berpolitik secara demokratis berdasarkan Pancasila," katanya lagi.

Selain menyukseskan pesta demokrasi, 9 Desember mendatang, untuk mempercepat terwujudnya Indonesia maju, menurut Puan, harus memiliki kekuatan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan hukum.

"Politik pembangunan kita ke depan hendaknya dapat diarahkan dalam mempercepat pembangunan manusia Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR

Baca juga: SBY dan Megawati hadir secara virtual di Sidang Tahunan MPR


Politik pembangunan juga perlu diarahkan dalam memperkuat industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, penataan pembangunan infrastruktur, dan reformasi birokrasi.

Politik pembangunan, lanjut dia, juga harus dapat membuka ruang dan akses partisipasi seluruh rakyat karena setiap rakyat juga memikul tanggung jawab yang sama dalam berkontribusi pada kepentingan nasional.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020