Jakarta (ANTARA) - E-commerce lokal Blibli mengajak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk terus berkarya dan berinovasi layaknya "Pejuang Lokal" demi mendorong pemulihan ekonomi, sekaligus merayakan semangat kemerdekaan pada HUT ke-75 RI.

Melalui gerakan "Pejuang Lokal", Blibli mendorong UMKM memanfaatkan potensi platform online yang bertumbuh di masa pandemi COVID-19. Blibli mendorong UMKM untuk berinovasi, dan mengajak konsumen untuk membeli produk lokal.

"Melalui inisiatif ini, Blibli mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan industri UMKM. Tentunya agar dapat beradaptasi di tengah situasi saat ini dan dapat memanfaatkan platform online seperti Blibli," kata Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli, dalam siaran pers hari ini.

Inisiatif Pejuang Lokal diwujudkan dalam rangkaian kegiatan yang terdiri dari kurasi produk lokal pilihan untuk memudahkan pelanggan, "TikTok Challenge Pejuang Lokal" untuk menumbuhkan cinta produk lokal generasi milenial, serta menjalankan program pendampingan bagi pelaku UMKM di tengah pandemi.

Membuka lapangan kerja
Beberapa pelaku UMKM yang bergabung di Blibli juga telah menjadi Pejuang Lokal atas kontribusinya sebagai pemberi solusi perubahan sosial atau sociopreneur.

Mereka menciptakan lapangan kerja, berkontribusi terhadap lingkungan dan penambahan keterampilan.

Salah satunya adalah pendiri Mushi Jamur Crispy, Lia Amalia, yang tidak hanya membangun UMKM-nya sendiri, melainkan ikut menciptakan lapangan kerja bagi para petani jamur tiram binaannya.

Nancy Valency, pendiri Gesyal, telah menyediakan produk aksesoris fesyen sekaligus membuka lapangan kerja bagi penyandang difabel. Ia memberikan pelatihan agar mereka dapat meningkatkan kemampuan sehingga mampu mandiri di masa depan.

Pelaku UMKM yang juga memiliki semangat Pejuang Lokal adalah pendiri Bengok Craft, Firman Setyaji. Bisnis UMKM yang dijalankan Firman berangkat dari usaha olah eceng gondok menjadi produk kerajinan ramah lingkungan.

Bengok Craft fokus pada keterlibatan masyarakat sekitar, mulai dari tahap produksi hingga pemasaran agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Inisiatif lain dalam menyambut kemerdekaan adalah gelaran Festival Mie Online yang berkolaborasi dengan Tirta Lie.

Tirta Lie yang merupakan penikmat dan pemerhati bakmi tradisional, sekaligus sosok Pejuang Lokal yang membangun industri kuliner agar dapat berkarya melalui platform online.

“Berbagai kolaborasi dan dukungan bagi para Pejuang Lokal tentunya sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung upaya Pemerintah untuk terus menggerakkan ekonomi Indonesia melalui UMKM," kata Andreas.



Baca juga: Raisa siap gelorakan peringatan HUT RI dengan "Indonesia Pusaka"

Baca juga: Soal pidato kenegaraan, Farhan sebut Presiden punya pesan yang kuat

Baca juga: JD.id gandeng Allianz untuk perlindungan alat elektronik di e-commerce

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020