masyarakat yang pernah merasa kontak dengan salah satu pasien positif diharapkan melapor
Simpang Empat,- (ANTARA) - Tes usap atau swab test terhadap sebanyak 57 orang warga Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang pernah kontak dengan pasien positif  COVID-19 menunjukkan hasil negatif.

"Alhamdulillah semuanya negatif berdasarkan hasil yang dikeluarkan Laboratorium Unand Padang hari ini," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan sebanyak 57 orang itu melakukan tes usap di Puskesmas Sungai Aur pada Kamis (13/8) karena pernah kontak dengan pasien positif AR (63) dan AM (23). Hasilnya baru diketahui pada Sabtu (15/8) dan negatif semua.

"Meskipun demikian diharapkan kepada masyarakat yang pernah merasa kontak dengan salah satu pasien positif diharapkan melapor ke Puskesmas untuk dilakukan tes usap atau tes swab dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sementara itu empat orang pasien positif AR (63), AM (23), SP (30) dan CBR (25) masih mendapatkan perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Kondisi keempatnya dalam keadaan baik dan stabil.

Baca juga: Di Pasaman Barat ada PDP berumur 115 tahun karantina di rumah

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat siapkan ruangan isolasi pasien COVID-19


"Tenaga medis terus memberikan pelayanan dan pemantauan kepada keempatnya. Mudah-mudahan mereka cepat sembuh," harapnya.

Sebelumnya pada Jumat (7/8) dua orang ASN positif COVID-19 itu merupakan pasangan suami istri SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Bagian Pemerintahan Magari Sekretariat Daerah Pasaman Barat dan Bappeda Pasaman Barat.

Kedua suami istri itu merupakan pelaku perjalanan. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

Kedua suami istri itu diketahui positif COVID-19 setelah keluarnya hasil swab dari Laboratorium Unand Padang pada Jumat (7/8).

Kemudian pada Rabu (12/8) dua kasus positif bertambah kembali yakni AR (63) dan AM (23).

Baca juga: Suami-istri positif COVID-19 jalani perawatan di RSUD Pasaman Barat

Baca juga: Positif COVID-19, pasien di Pasaman Barat dievakuasi ke RS Unand

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020