secara otomatis akan memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) TBk, BUMN konstruksi dan investasi nasional, berkomitmen untuk selalu mengikutsertakan dan memberdayakan subkontraktor lokal dalam membangun berbagai proyek sehingga menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Dengan menggandeng subkontraktor lokal, secara otomatis akan memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar, namun tentunya pemilihan subkontraktor lokal tersebut melalui berbagai proses kualifikasi sesuai dengan standar keahlian yang dipersyaratkan," kata Sekretaris Perusahaan PT PP Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dikatakan, salah satu proyek pembangunan yang melibatkan subkontraktor lokal adalah pembangunan Gedung PT Inalum di Kuala Tanjung, Sumatera Utara.

Gedung Perkantoran milik PT Inalum ini dibangun dengan mengusung konsep green dan smart building serta mengusung budaya dan kearifan lokal dalam arsitekturnya.

Sepanjang perjalanan proyek yang dimulai sejak 2018 hingga sampai saat ini, perseroan mengikutsertakan dan memberdayakan tenaga kerja lokal hingga mencapai angka 30 persen dari total tenaga kerja yang bekerja di lapangan.

Sampai dengan saat ini, pihak subkontraktor dan masyarakat lokal menyambut itikad baik perseroan untuk berkontribusi dalam pembangunan gedung perkantoran milik PT Inalum ini.

Selain itu, perseroan pun telah berupaya memberikan rekomendasi tenaga kerja lokal yang pernah bekerja di lingkungan perusahaan untuk dapat bergabung dalam tim pengoperasian gedung.

“Kami berharap hubungan dan kerja sama perseroan dengan seluruh pemangku kepentingan dapat terus terjalin dengan baik dan memiliki komunikasi yang lancar dan terarah," katanya.

Perseroan sebagai perusahaan publik milik negara akan tetap berkomitmen untuk selalu menjaga komunikasi dan berkoordinasi aktif dengan seluruh stakeholders (termasuk masyarakat dan subkontraktor lokal) guna memberikan informasi terkini serta memberdayakan subkontraktor lokal dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan gedung perkantoran milik PT Inalum.

Dikatakan, pihaknya juga berharap dukungan dari masyarakat sekitar dan seluruh subkontraktor lokal untuk seluruh pelaksanaan proyek yang dikerjakan.

Perseroan selalu mengedepankan solusi positif dengan cara pendekatan persuasif, dan merangkul semua pihak dalam berbagai permasalahan yang muncul di lingkungan proyek.

Baca juga: PP bidik sejumlah kontrak proyek di luar negeri
Baca juga: PP mulai bangun Bendungan Tamblang di Bali
Baca juga: PT PP ajak 75 UMKM ikut pengadaan barang dan jasa

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020