Palembang (ANTARA) - Tim ekpedisi Polda Sumatera Selatan sukses melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Dempo, Pagaralam pada peringatan HUT Ke-75 Republik Indonesia, Senin sekitar pukul 10.17 WIB.

Dalam upacara pengibaran bendera merah putih pada ketinggian 3.159 Mdpl atau puncak tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan itu, bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi di Palembang, Senin, menjelaskan untuk meraih kesuksesan kegiatan tersebut, tim ekspedisi pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Dempo telah melakukan persiapan secara maksimal baik kondisi fisik seluruh peserta dan peralatan yang dibutuhkan.

Baca juga: Aceh Barat tetap gelar upacara HUT Kemerdekaan RI di tengah pandemi

Baca juga: Sejuta masker warnai HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Sulawesi Tenggara


Tim ekspedisi yang dipimpin Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan didampingi Wadansat Brimob Polda Sumsel AKBP Teguh Hardiyo Wibisono bersama 30 personel Satbrimob, 10 personel Polres Pagaralam dan dua personel Bid Dokkes melakukan perjalan dari Palembang sejak Jumat (14/8).

Misi pengibaran bendera merah putih untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan meneladani semangat perjuangan para pejuang kemerdekaan.

Adapun rangkaian kegiatan pendakian diawali pemeriksaan kesehatan dan pelepasan tim ekspedisi oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri menuju titik kumpul pendakian di Kampung IV, kaki Gunung Dempo Pagaralam .

Kemudian dilanjutkan pelepasan menuju pintu rimba untuk memasuki jalur pendakian oleh Wali Kota Pagaralam, Alfian Maskoni.

Selain melakukan upacara pengibaran bendera merah putih, Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan dan tim melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan Gunung Dempo.

Baca juga: Puluhan sepeda onthel di Medan meriahkan pawai HUT ke 75 RI

Baca juga: Bupati Jayawijaya: HUT RI-75 paling sederhana

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020