Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti meminta skuatnya untuk memerhatikan hal-hal kecil dalam pertandingan demi menghindarkan gawang dari gol lawan.

"Hal-hal kecil harus diperhatikan lebih detail. Ini harus menjadi pelajaran sebelum bertanding di Piala Asia," ujar Bima, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

Bima mencontohkan pertandingan persahabatan kontra tim U-18 Asosiasi Kota Bandung pada Senin (24/8) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Baca juga: Bima: timnas U-16 perlu perbaiki performa setelah menangi uji coba

Meski menang dengan skor 4-1, timnas U-16 dianggap melakukan tindakan tidak perlu yang berujung pada tendangan penalti yang menghasilkan gol untuk lawan.

"Pemain belakang kami kurang sabar. Seharusnya tidak 'diambil', jangan sampai ada pelanggaran yang mengakibatkan tendangan penalti. Namun tidak apa-apa. Ini menjadi pelajaran bagi kami," tutur Bima.

Terkait performa pemainnya, Bima Sakti merasa skuatnya terus menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik terutama dari sisi fisik dan taktik.

Kekompakan tim juga dinilainya semakin bagus. Beberapa pemain debutan timnas U-16 juga mulai bisa beradaptasi.

"Ada beberapa pemain yang saya coba dan seleksi di TC ini, semoga mereka bisa terus menunjukkan kemampuannya dan beradaptasi dengan cepat," kata Bima.

Baca juga: Pelatih timnas U-16 panggil 12 pemain baru untuk TC Agustus

Pertandingan uji coba kontra tim U-18 Askot Bandung menjadi bagian dari TC timnas U-16 yang berlangsung pada 9-30 Agustus 2020.

Laga tersebut, termasuk semua kegiatan timnas U-16 selama TC, berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Tim lawan yang beruji coba dengan timnas mendapatkan tes cepat (rapid test) sebelum laga. Pertandingan bisa dilangsungkan hanya jika pemain lawan menunjukkan hasil nonreaktif. Tes cepat diwajibkan pula kepada perangkat pertandingan.

Dalam pertandingan uji coba sebelumnya, pada Jumat (14/8) timnas U-16 menundukkan SSB POR UNI Bandung dengan dua gol tanpa balas.

Baca juga: Ketum PSSI minta Timnas U-16 tak gentar di Piala Asia

Adapun TC timnas U-16 dilakukan sebagai persiapan untuk bertanding di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di turnamen itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).

Baca juga: PSSI: Piala Asia U-16 dan U-19 masih sesuai jadwal

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020