Jakarta (ANTARA) - Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com dan JNE mengajak masyarakat untuk turut berbagi kebaikan dengan mendonasikan Al Quran melalui platform crowdfunding.

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin dalam rilis yang diterima di Jakarta, Selasa, menyatakan, APP Sinar Mas akan menggandakan setiap Al Quran yang terkumpul dari donasi tersebut, dengan jumlah maksimal mencapai 10.000 Al Quran.

"Indonesia, sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, masih menghadapi kurangnya ketersediaan Al Quran. Dengan kebutuhan mencapai 4-5 juta mushaf per tahun, kemampuan pemerintah menyediakan Al Quran baru sekitar 1 juta mushaf per tahun. Akibatnya, Kementerian Agama menyatakan sebanyak 65 persen umat Muslim Indonesia belum lagi mampu membaca Al Quran," ungkap Saleh Husin.

Baca juga: Pemkot Tangerang target donasi 1.000 Al-Quran setiap kabupaten/kota

Untuk itu, ujar dia, Yayasan Muslim Sinar Mas melalui APP Sinar Mas, bersama BenihBaik.com dan JNE mengajak publik untuk turut berpartisipasi dalam program Wakaf Quran ini.

Hal tersebut, lanjutnya, juga sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di Tanah Air.

Sementara itu, Presiden Direktur JNE M Feriadi mengatakan, pihaknya sangat bahagia bisa terlibat dalam distribusi wakaf Al Quran ini.

"Kerja sama JNE dengan BenihBaik.com dan APP Sinar Mas adalah bentuk nyata upaya mengajak dan memudahkan setiap orang di mana pun berada untuk bersedekah serta berbagi dalam rangka membantu sesama, sesuai dengan tagline kami yaitu 'Connecting Happiness'," ujar Feriadi.

Begitu pula dengan Founder BenihBaik.com Andy F. Noya yang menyatakan bahwa upaya yang dilakukan Yayasan Muslim Sinar Mas, APP Sinar Mas, dan JNE akan sangat bermanfaat bagi kebaikan seluruh umat manusia.

Baca juga: Pengunjung Al Quran Al Akbar Palembang meningkat

"Dari kolaborasi ini, kita belajar untuk berbagi dan melipatgandakan kebaikan. Bagi penerimanya kelak, kami di BenihBaik.com juga berharap bisa memberikan suri tauladan kebaikan untuk orang lain lagi," ucap Andy Noya.

Seluruh hasil yang didapatkan nantinya akan didistribusikan ke pondok-pondok pesantren di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Biaya untuk pengadaan satu buah Al Quran ini senilai Rp47.000.

Sejak tahun 2008, APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 900 ribu mushaf Al Quran, 150 ribu buku panduan membaca Al Quran atau Juz Amma, juga 300 set Al Quran Braille bagi tunanetra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

Pada tahun 2020 ini, APP Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150.000 mushaf, berikut 25.000 Juz Amma.

Baca juga: Program "Satu Desa Satu Hafidz", Bekasi kirim 38 penghafal Al Quran

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020