Batam (ANTARA) - Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang, Kota Batam Kepulauan Riau hampir penuh, sehingga tidak dapat menampung warga terpapar virus corona lagi.

"Kapasitas hampir penuh," kata Kepala RSKI COVID-19 Pulau Galang Kolonel Khairul Ihsan di Batam, Rabu.

Kapasitas rumah sakit di pulau penyangga Kota Batam itu tinggal untuk 40 orang. Padahal, tambahan warga yang hendak dikarantina di sana pada hari ini sebanyak 65 orang.

Baca juga: RSKI Pulau Galang rawat 199 pasien terkonfirmasi positif COVID-19

RSKI COVID-19, kata dia, kini juga hanya merawat warga yang positif COVID-19. Tidak lagi menampung pekerja migran Indonesia dan warga yang diketahui kontak erat orang terpapar virus, namun belum pasti tertular.

Selanjutnya Satuan Tugas COVID-19 Kota Batam akan menempatkan warga yang terpapar virus corona di Rusun BP.

Ihsan menyatakan pihaknya diminta untuk mensupervisi pelaksanaan karantina warga positif COVID-19 di Rusun. "Kami diminta mensupervisi, karena dianggap mengetahui desain rumah sakit COVID-19," kata dia.

Menurut dia, tidak akan ada yang diubah dari Rusun untuk penempatan warga terpapar virus corona, seperti penempatan furnitur dan lainnya.

Ia menyatakan yang perlu disiapkan hanya kamar dokter dan perawat. "Yang di sana orang tanpa gejala, jadi seperti karantina, tidak ada perubahan desain furnitur," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Ksumarjadi berharap pihak RSKI dapat membantu Satgas dalam pelaksanaan karantina di lokasi karantina yang baru. "Operasional dari pemerintah kota," ucapnya.

Pemkot Batam menyiapkan dana operasional, di antaranya untuk makan, 'laundry' dan jasa kebersihan. "Kalau ada yang positif, mulai besok kita evakuasi ke Rusun BP," kata Didi.

Baca juga: RSKI COVID-19 Galang siapkan pengamanan ketat untuk pasien bandel

Baca juga: Dinkes Batam bawa 15 penjemput jenazah COVID-19 ke RSKI Galang


Sementara itu, hingga Rabu tercatat 1.357 orang terkonfirmasi positif COVID-19, sebanyak 669 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 43 orang meninggal, dan 645 orang lainnya sedang dirawat.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas COVID-19, 640 orang yang masih terinfeksi virus corona dirawat di 12 rumah sakit dan lima orang melakukan isolasi mandiri.

Dari 640 orang yang dirawat di rumah sakit, 463 orang di RSKI COVID-19 Pulau Galang.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020