dimasukkan ke mata pelajaran IPA, bahasa dan IPS
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang merancang untuk memasukkan kurikulum mengenai perubahan iklim dalam mata pelajaran, kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK Ruandha Agung Sugardiman.

"KLHK dengan Kemendikbud sedang merancang bagaimana memasukkan kurikulum mengenai perubahan iklim di dalam mata pelajaran anak-anak kita ke depannya," kata Dirjen PPI Ruandha dalam acara virtual pemaparan hasil survei pemuda tentang krisis iklim di Jakarta, Jumat.

Namun, topik mengenai perubahan iklim itu tidak akan dibuat menjadi mata pelajaran baru, ujar Ruandha, tapi akan dimasukkan dalam pelajaran yang sudah ada sebelumnya seperti ilmu pengetahuan alam.

Menurut Ruandha, awalnya KLHK mengusulkan mengenai memasukkan isu perubahan iklim dan dampaknya itu dalam pendidikan kepada pihak Kemendikbud yang disambut baik. Direktorat jenderal yang terkait mengenai masalah itu juga telah berdiskusi soal memasukkan isu tersebut.

Baca juga: Dirjen PPI: Pembahasan perubahan iklim perlu bahasa sederhana

Baca juga: Survei: Komitmen pemerintah dinilai kurang tangani krisis iklim


"Tidak harus mata pelajaran baru, tapi dimasukkan ke mata pelajaran IPA, bahasa dan IPS. Bagaimana membakar sampah asapnya bisa menjadi gas rumah kaca. Ini yang harus kita kenalkan dan ajarkan kepada anak-anak kita," kata Ruandha.

Sembari menunggu hal itu, KLHK akan terus melanjutkan usaha untuk memberikan pemahaman terkait isu perubahan lingkungan hidup kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti guru-guru.

Ia memberi contoh bagaimana saat ini Ditjen PPI KLHK sedang berada di Gorontalo dalam rangka workshop peningkatan kapasitas pemahaman tentang isu perubahan iklim kepada guru-guru di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Selain di Gorontalo, peningkatan kapasitas pemahaman isu perubahan iklim itu juga sudah dilakukan di Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Baca juga: Survei Change.org: Mayoritas pemuda khawatirkan dampak krisis iklim

Baca juga: Nadine Chandrawinata bagi cara sederhana bantu atasi perubahan iklim

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020