Pentingnya keterlibatan orangtua di fase tumbuh kembang anak

id anak,parenting,cussons bintang kecil

Pentingnya keterlibatan orangtua di fase tumbuh kembang anak

Ilustrasi. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, mengatakan bahwa proses tumbuh kembang anak harus melibatkan orangtua secara aktif, guna mempermudah anak untuk mengekplorasi dunianya sesuai dengan indikator usianya.

"Dalam menemani anak bereksplorasi dan berekspresi, orang tua harus memahami apa saja yang terjadi di tiap tahapan tumbuh kembang anak," kata Vera melalui siaran virtual bersama Cussons, Jumat (9/10).

Baca juga: Faktor yang berpengaruh di 1000 hari pertama kehidupan

"Orang tua juga harus mempelajari mengenai apakah materi bermain dan stimulasi yang harus dipersiapkan. Dan yang terpenting adalah diperlukannya konsistensi dari orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak anak mereka," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Vera mengatakan, orang tua juga harus aktif untuk mengakses pengetahuan mengenai hal ini, terlebih akses sudah sangat terbuka luas.
 
Cussons Bintang Kecil 9 (ANTARA/HO)


Salah satu yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan mengikutkan anak ke perlombaan, sesuai dengan usianya. PZ Cussons Indonesia melalui ajang Cussons Bintang Kecil (CBK), sebuah kegiatan aktivasi untuk bayi dan anak di Indonesia bisa menjadi pilihan.

Gelaran ke-9 dengan tema "Eksplorasi Dunianya" ini, menurut Vera, bisa menjadi sebuah sarana yang tepat untuk orangtua dalam memberikan ruang gerak anak untuk bereksplorasi, sekaligus membuat anak tetap gembira, sesuai dengan usianya walaupun harus tetap di rumah saja.

CBK 9 terdiri atas tiga kategori yang sangat sesuai dengan masing-masing kelompok usia anak, yaitu Baby Category (0-<2 tahun), Toddler Category (2-4 tahun), dan Kids Category (4-8 tahun).

Baca juga: Pentingnya Omega 3 dan 6 untuk pertumbuhan anak

Peserta dapat mendaftarkan diri dengan masuk ke situs www.cbk9.co.id serta mengisi data diri mereka secara lengkap. Setelah itu peserta yang sudah terdaftar dapat langsung mengunggah berbagai foto atau video unik saat si kecil aktif bereksplorasi.

Dengan mengajak orangtua mengabadikan momen berharga tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, Cussons mempersembahkan total hadiah senilai Rp1 miliar untuk periode 9 Oktober 2020 hingga 9 Januari 2021.

"Tahun ini keseluruhan Cussons Bintang Kecil digelar secara virtual, walaupun begitu diharapkan hal ini akan mampu menjangkau lebih banyak orangtua dan anak di berbagai wilayah Indonesia," kata Alifa Nisfiyani, Sr. Brand Manager Cussons Baby.

Baca juga: Paparan gawai sebabkan stimulasi pertumbuhan anak tidak optimal

Baca juga: Dokter paparkan perlunya batasan waktu anak bermain gawai

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar