Jakarta (ANTARA) - Situasi arus kendaraan di kilometer 30 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, pada Sabtu (31/10) ramai lancar.

"Terpantau ramai lancar, hambatan di jalur, nihil," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono melalui siaran pers, di Jakarta, Minggu.

Pada Sabtu (31/10), tercatat terjadi kenaikan arus kendaraan yang melintas gerbang Tol Cikampek Utama arah Jakarta sebesar 42 persen.

"Di hari biasa, rata-rata jumlah kendaraan 15.203 kendaraan, sementara kemarin mencapai 21.645 kendaraan," katanya.

Untuk mengurai kepadatan antrean kendaraan, rekayasa lalu lintas berupa lawan arus diberlakukan di Tol Japek mulai di kilometer 65 hingga kilometer 47 sejak Sabtu (31/10).

Arus lalu lintas di Pelabuhan Gilimanuk yang keluar dari Bali juga ramai lancar.

"Arus lalin yang keluar Bali ramai lancar. Personel Ditlantas Polda tetap melakukan penjagaan dan pengaturan," kata Argo.

Pada Sabtu (31/10), di gerbang Tol Kalihurip Utama, arus kendaraan dari Bandung ke Jakarta ramai lancar meski persentase jumlah kendaraan yang melewati gerbang Tol Kalihurip Utama arah Jakarta, juga naik 49,6 persen menjadi 24.976 kendaraan dari 16.695 kendaraan di hari biasa.

Kondisi lalu lintas yang ramai lancar juga terjadi di gerbang Tol Cikupa II dan I arah Jakarta.

Di gerbang Tol Cikupa arah Jakarta, terjadi kenaikan arus kendaraan 22,35 persen dari 16.470 kendaraan per hari di hari biasa menjadi 21.211 kendaraan.

Baca juga: Menhub tinjau Tol Jakarta-Cikopo antisipasi arus balik libur panjang

Baca juga: Korlantas Polri prediksi arus balik libur panjang Sabtu dan Minggu

Baca juga: Polisi: Puncak arus balik libur panjang di Cirebon terjadi pada Minggu

Baca juga: Jasa Marga: 160.000 kendaraan ke Jakarta saat arus balik libur panjang

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020