Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan C0VID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah pasien COVID-19 bertambah 69 orang sehingga menjadi 4.329 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan penambahan pasien COVID-19 di wilayah itu terjadi di Batam sebanyak 43 orang, Tanjungpinang 20 orang, dan Bintan enam orang.

Sementara jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 sebanyak 28 orang sehingga menjadi 3.278 orang. Warga Batam yang sembuh dari COVID sebanyak 13 orang, Tanjungpinang 12 orang dan Bintan tiga orang.

Pasien yang meninggal dunia mencapai 114 orang setelah bertambah dua orang di Tanjungpinang dan Bintan.

Sementara jumlah kasus aktif di Kepri sebanyak 937 orang atau 21,64 persen dari total jumlah pasien COVID-19. Kasus aktif di Kepri tersebar di Batam 641 orang, Tanjungpinang 167 orang, Bintan 27 orang, Karimun 90 orang, Natuna tujuh orang, dan Kepulauan Anambas lima orang.

"Data yang kami sajikan merupakan akumulasi data kabupaten dan kota sehari yang lalu," katanya.

Tjetjep mengemukakan Satgas Penanganan COVID-19 menetapkan Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun sebagai Zona Oranye. Sementara Lingga dan Natuna Zona Kuning, dan Kepulauan Anambas Zona Hijau.

"Kamk mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tidak tinggal serumah, teman rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa dicegah bersama-sama," tuturnya.

Baca juga: Kabupaten Kepulauan Anambas-Kepri catat kasus pertama COVID-19

Baca juga: Kepri nyatakan kerisauan pasien COVID-19 terus bertambah

Baca juga: Gugus Tugas Kepri salurkan PCR portable untuk tiga rumah sakit

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020