Kita tidak langsung berpuas diri. Tetapi, kita harus mampu meningkatkan kinerja...
Gianyar, Bali (ANTARA) - Tahun ini untuk ke enam kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali, secara berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2019.

“Dari pengamatan kami selama setahun, Gianyar memang paling baik. Kinerja Pemkab Gianyar memang luar biasa. Ini prestasi. Tidak mudah mempertahankan dengan kriteria yang semakin bertambah” kata Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Bali, Tri Budhianto, usai menyerahkan penghargaan kepada Bupati Gianyar I Made Mahayastra, melalui keterangan tertulis, Rabu.

Saat menerima penghargaan, Bupati Gianyar didampingi Ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta dan Sekda Kab Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya. Selain menerima piagam penghargaan, Pemkab Gianyar juga menerima Plakat WTP karena telah mampu mempertahankan Opini WTP selama lebih dari 5 kali berturut-turut.

Baca juga: Usai cek sejumlah proyek, Bupati Gianyar: Semua sesuai target

Tri Budhianto pada kesempatan tersebut menyatakan apresiasinya pada Pemkab Gianyar karena telah berhasil mempertahankan Opini WTP dari BPK selama enam kali berturut-turut.

Hal ini, kata dia, tidak mudah. Apalagi dari tahun ke tahun tantangan dan kriteria dari WTP itu semakin berat dan kini pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan saja, tapi sudah merambah ke kinerja.

Ia menegaskan predikat WTP itu bukan jaminan tidak ada korupsi. Tetapi mencerminkan tata kelola keuangan daerah yang baik sesuai dengan peraturan yang ada sehingga berdampak pada pembangunan di masyarakat.

Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Gianyar mempertahankan Opini WTP atas LKPD secara enam kali berturut-turut.

Baca juga: Bupati Gianyar sebut Rancangan APBD 2021 dibuat tercepat dalam sejarah

Ia menyebut hal ini tidak terlepas dari arahan dan pendampingan Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Provinsi Bali sehingga penyaluran dana perimbangan dapat disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran.

“Kita tidak langsung berpuas diri. Tetapi, kita harus mampu meningkatkan kinerja sehingga apa yang kita kerjakan harus betul-betul bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Mahayastra.

Pada kesempatan itu, Bupati Mahayastra juga menyampaikan saat ini tata kelola keuangan Pemkab Gianyar dikelola secara transparan dan akuntabel. Semua kalangan dapat melihat bagaimana pengelolaan keuangan daerah dengan mengakses portal Pemkab Gianyar.

Baca juga: Bupati Gianyar sampaikan capaiannya selama dua tahun





Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020