Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menilai pelibatan civil society atau ormas Islam dalam meningkatkan moderatisme (paham moderat) Islam sangat ampuh untuk mendukung penanggulangan terorisme di Indonesia, terutama untuk pencegahan.

Penguatan moderatisme Islam oleh ormas-ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan ormas Islam moderat lainnya, akan menjadi kekuatan yang luar biasa dalam melawan radikal terorisme kata Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid ​​​​​​​dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan Akhmad Nurwakhid dalam sarasehan “Meneguhkan Moderatisme Islam: Pencegahan Radikalisme Terorisme di Kalangan Dosen dan Mahasiswa Muhammadiyah” yang digelar Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta, Kamis (19/11).

​​​​​​​Ahmad Nurwakhid menambahkan penanggulangan radikal terorisme tidak bisa hanya dilakukan oleh institusi negara atau pemerintah, tetapi harus dilakukan segenap elemen bangsa.

Pasalnya terorisme adalah musuh bersama atau common enemy dan extra ordinary crime (kejahatan luar biasa) sehingga penanggulangan harus dilakukan secara bersama berupa pelibatan segenap elemen masyarakat, civil society yaitu ormas moderat seperti NU, Muhammadiyah, dan lain-lain untuk membangkitkan silent majority (mayoritas yang diam).

“Artinya apa? Mayoritas bangsa Indonesia ini adalah moderat tetapi banyak diam makanya disebut silent majority, sementara kelompok radikal terorisme itu sedikit tetapi mereka berisik dan pola radikalisasi menggunakan media,” tegasnya.

Karena itu, semua elemen bangsa harus bersama-sama melakukan kontra radikalisasi, baik kontra narasi, kontra ideologi, maupun kontra propaganda juga dengan menggunakan media.

BNPT juga terus meningkatkan fungsi koordinasi dengan melibatkan Kementerian/Lembaga. Dalam hal ini BNPT telah melakukan MoU dengan 38 KL terkait.

“Tinggal kita optimalkan ke depan. Tentu saja kami komit untuk selalu melibatkan elemen masyarakat civil society moderat dalam menanggulangi radikal terorisme,” katanya.

Selain ormas Islam, Nurwakhid menilai, mahasiswa, akademisi, dosen, guru juga sangat signifikan dalam memberikan moderasi umat. Pasalnya radikal terorisme yang mengatasnamakan agama bukan monopoli agama tertentu, tetapi ada di seluruh agama, sekte, kelompok.

Baca juga: BNPT sebut keterlibatan kampus kunci pencegahan radikalisasi di PT

Baca juga: Jelang pilkada, BNPT ingatkan semua pihak terhadap hoaks dan provokasi

Baca juga: BNPT minta slogan "tamu lapor 24 jam" digencarkan untuk cegah teroris

Baca juga: BNPT: Ponpes harus dilibatkan cegah radikalisme terorisme


Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020