Palu (ANTARA) - Penambahan kasus COVID-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat rekor tertinggi hari ini setelah 81 warga dinyatakan positif.

Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulteng Moh. Haris Kariming menyatakan hari ini 81 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan usap (swab).

"Ini merupakan penambahan kasus harian tertinggi. Secara kumulatif 1.632 orang di Sulteng telah terinfeksi COVID-19," katanya di Palu, Selasa malam.

Ia menjelaskan 81 orang itu berada di sejumlah kabupaten dan kota antara lain 14 orang di Kota Palu, 31 orang di Kabupaten Banggai Kepulauan, 18 orang di Poso, enam orang di Morowali, lima orang di Sigi, empat orang di Tolitoli, satu orang di Buol, satu orang di Morowali Utara dan satu orang di Banggai Laut.

Baca juga: Pasien COVID-19 Sulteng bertambah menjadi 1.551 orang dan 958 sembuh

Baca juga: Ketua DPD RI: Protes 25 dokter Sulteng harus jadi perhatian serius


Sementara itu 11 pasien COVID-19, masing-masing lima orang di Palu, satu orang di Sigi, dua orang di Donggala, satu orang di Banggai Laut, satu orang dili Parigi Moutong dan satu orang di Tolitoli dinyatakan sembuh hari ini.

Sehingga, secara kumulatif total pasien COVID-19 yang sembuh sampai saat ini berjumlah 969 orang. Selain itu total pasien COVID-19 yang meninggal dunia berjumlah 62 orang.

Haris menerangkan saat ini 601 pasien masih menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

"Saat ini ada 295 sampel usap COVID-19 dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu," katanya.

Ia berharap hasil pemeriksaan terhadap 295 sampel usap tersebut negatif agar tidak terjadi ledakan kasus lagi COVID-19 di Sulteng.

Haris mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.*

Baca juga: Konsistensi KPU wujudkan pilkada yang sehat tanpa kluster baru COVID

Baca juga: Mewujudkan pilkada aman tanpa menjadi klaster COVID-19 di Kota Palu


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020