Jakarta (ANTARA) - Label fesyen Sejauh Mata Memandang mendonasikan sebanyak 2.400 batang pohon untuk upaya restorasi wilayah koridor gajah di Aceh Timur, khususnya di sekitar Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi.

Ini merupakan salah satu kontribusi untuk melindungi Kawasan Ekosistem Leuser yang dilakukan Forum Konservasi Leuser (FKL). Mereka menanam di area seluas enam hektar dengan jangka waktu penanaman selama satu tahun terhitung mulai bulan November 2020 hingga November 2021.

Baca juga: Dion Wiyoko terenyuh banyak siswa belajar online minim fasilitas

"Sebagai label tekstil dengan konsep produksi yang memperhatikan dampak lingkungan dan sosial, Sejauh Mata Memandang selalu ingin berkontribusi untuk ikut turun tangan menjaga alam meski lewat tindakan sederhana," kata Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto, dalam keterangannya, Rabu.

Adanya alih fungsi lahan hutan menjadi permukiman, persawahan, perkebunan, dan pertambangan memang kerap memicu maraknya konflik antara gajah dan masyarakat di tepi hutan.

Karena itu, komitmen perlindungan dan restorasi hutan berperan penting untuk meminimalisir konflik ini. Kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan sangat dibutuhkan mulai dari masyarakat, LSM, pemerintah, hingga pelaku industri.

"Melalui komitmen kami berpartisipasi dalam restorasi wilayah koridor gajah di CRU Serbajadi diharapkan dapat mendukung mitigasi konflik gajah dan manusia yang sering terjadi di Aceh Timur dan juga mendukung ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya," imbuhnya.

Ketua Forum Konservasi Leuser, Muhammad Isa, menambahkan, "Kami optimis dengan semakin banyaknya pihak yang peduli dan terlibat langsung dalam upaya keberlanjutan pelestarian Kawasan Ekosistem Leuser beserta kawasan penyangganya hutan menjadi lestari dan secara langsung akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya."

Sejauh Mata Memandang sendiri kerap mengajak banyak pihak tidak terkecuali para konsumennya untuk ikut peduli dengan kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Menyadari bahwa industri mode turut menyumbang sampah dan polutan terbesar di dunia, Sejauh Mata Memandang menghadirkan desain yang timeless dan trendless sebagai pendekatan yang ramah lingkungan, dan memiliki filosofi circular fashion. 

Baca juga: J-Hope donasikan 100 juta won untuk anak-anak yang membutuhkan

Baca juga: Tom Hanks unggah foto donasi plasma darah COVID-19

Baca juga: Danone donasikan Rp30 M untuk penanganan COVID-19

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020