sudah mengikis di bawah bibir aspal
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Kalimantan Barat meminta Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Kalimantan Barat menangani longsor  yang mengancam jalan nasional di Sulang Kecamatan Pengkadan, Kapuas Hulu.
 
"Kami akan surati langsung Balai PJN agar longsor di jalan nasional itu segera ditangani, minimal penanganan sementara," kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Muhammad Khabri, kepada ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
 
Dikatakan Khabri, apabila tidak segera ditangani kondisi longsor semakin parah dan mengancam keselamatan pengguna jalan serta dikhawatirkan akses transportasi dari Pontianak-Putussibau dan sebaliknya terputus.
Dia berharap Balai PJN Kalimantan Barat segera merespon dan tanggap dengan kondisi longsor tersebut, karena jalan nasional itu akses jalan penghubung ibu kota provinsi menuju wilayah Kapuas Hulu yang merupakan kabupaten perbatasan.
 
Kondisi longsor di jalan nasional tersebut dikeluhkan pengguna jalan yang merasa khawatir jalan tersebut menelan korban.
 
"Longsor itu sudah mengikis di bawah bibir aspal dan hanya ada drum sebagai tanda, jadi sangat membahayakan pengendara," kata salah satu pengguna jalan, Suhardi, di lokasi jalan longsor.
 
Hal senada dikatakan sopir salah satu angkutan umum, Amat mengatakan longsor itu berada di tanjakan dan selepas tikungan, sehingga sangat membahayakan pengendara, apalagi saat melintas di malam hari.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020