Depok (ANTARA) - Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menunjuk Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2020 yang diselenggarakan 26-30 November 2020.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dalam keterangannya, Jumat mengatakan penyelenggaraan kompetisi ini sejalan komitmen UI yang turut berupaya memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional. Salah satunya dengan pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Menurut dia, UI berkomitmen untuk mendorong mahasiswa mengembangkan karakter, minat bakat, kemampuan, serta potensi, baik hard skill maupun soft skill melalui beragam aktivitas dan kegiatan kemahasiswaaan untuk mewujudkan mahasiswa yang unggul, kreatif, dan inovatif.

"UI juga turut serta secara aktif dalam berpartisipasi dan mendukung berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, khususnya yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.
Baca juga: Mobil listrik UMM pecahkan rekor

Sementara itu Ketua Pelaksana KMHE 2020 Muhamad Asvial menjelaskan kompetisi kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seluruh rangkaian KMHE 2020 kali ini diselenggarakan dengan sistem daring, sehingga setiap peserta tidak perlu datang ke lokasi tuan rumah.

KMHE 2020 mengusung tema “Energi Untuk Negeri”, dengan total peserta yang berhasil masuk ke babak final adalah sebanyak 36 tim dari 27 universitas/ institut/ politeknik.

KMHE 2020 dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Prototype dan Urban concept. Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, sedangkan Urban concept merupakan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan.
Baca juga: Mekatronic-Srikandi andalan UMM di kontes mobil hemat energi

“Setiap tim telah melalui tahapan seleksi mulai dari seleksi proposal di awal, dilanjutkan dengan pembuatan laporan desain. Tim yang mampu menyajikan laporan desain dengan baik dinyatakan lolos ke babak final untuk mempresentasikan mobil mereka. Sebelum terseleksi ke dalam babak final, tercatat jumlah pendaftar mencapai 110 tim dari 74 universitas/institut/ politeknik,” kata Asvial.

Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Asep Sukmayadi mengapresiasi dukungan UI sebagai tuan rumah pelaksanaan KMHE 2020 yang berhasil mengemas KMHE secara virtual. Asep mengajak para mahasiswa untuk dapat memanfaatkan ajang ini sebagai wadah untuk mengembangkan.

Menurutnya tujuan luhur dari kontes ini adalah untuk menjunjung tinggi integritas dan sportivitas dalam berkompetisi. Melalui ajang ini, kami berharap para peserta didik mampu menguatkan integritasnya, dan menemukenali potensi untuk menjadi pelajar Pancasila yang tangguh dan mandiri.
Baca juga: Universitas Jember juara pertama Kontes Mobil Hemat Energi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020