Lebak (ANTARA) - Angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Lebak, Banten, sampai dengan Jumat (27/11) mencapai 268 orang dan dilaporkan sebanyak 15 orang meninggal dunia.

"Kami mengapresiasi tingkat kesembuhan pasien COVID-19 cukup baik," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Sabtu.

Saat ini, jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh cukup signifikan, yakni 268 orang dari 402 orang terkonfirmasi positif.

Pasien tanpa gejala yang dinyatakan sembuh itu setelah menjalani isolasi di Rumah Sakit Islam Haji Madali Rangkasbitung yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Pemkab Lebak menindak 8.821 orang pelanggar protokol kesehatan

Baca juga: Kasus COVID-19 di Lebak bertambah sembilan orang


Mereka juga pasien yang dirawat di RSUD Banten sebagai rumah sakit rujukan COVID-19. "Semua pasien yang sembuh itu sudah kembali ke rumah masing-masing," katanya menjelaskan.

Pemerintah Kabupaten Lebak sangat komitmen untuk penanganan COVID-19 dengan melakukan pencegahan hingga pengobatan.

Pencegahan dilakukan dengan diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Perbup itu memberikan tindakan tegas bagi orang yang melanggar protokol kesehatan dengan dikenakan sanksi denda Rp150 ribu juga pelaku bisnis Rp25 juta.

Selain itu juga penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga hingga berakhir 20 Desember mendatang.

Petugas pengawasan gabungan yang melibatkan Dinas Satpol PP, TNI dan Polri terus menggelar razia masker bagi pengendara roda dua dan roda empat juga membubarkan tempat-tempat kerumunan.

"Tindakan tegas itu agar memberikan efek jera agar masyarakat dapat mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Lebak juga memberikan isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dengan menyediakan Rumah Sakit Islam Haji Madali.

Disamping itu juga melaksanakan pemeriksaan tes usap kepada para PNS di lingkungan pemerintah daerah juga berbagai organisasi, termasuk wartawan.

Pemeriksaan tes usap itu guna pelacakan agar Corona tidak menularkan kepada orang lain.

"Jika mereka reaktif hasil tes usap positif COVID-19 maka dilakukan penanganan lanjutan dengan menjalani isolasi dan dirawat di RSUD Banten," katanya menjelaskan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan hingga Jumat (27/11) tercatat 402 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan rincian 268 orang dinyatakan sembuh dan 119 orang menjalani isolasi dan dirawat di RSUD Banten serta 15 orang dilaporkan meninggal dunia.*

Baca juga: Pasien COVID-19 Lebak sudah 330 orang

Baca juga: Dinkes Lebak gencar sosialisasikan 3M cegah COVID-19

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020