Saya akan memastikan keadaan para prajurit Amerika di sana
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa membicarakan perkembangan program "Platoon Exchange" dengan perwakilan tentara Amerika Serikat untuk Indonesia.
 
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam rilisnya diterima di Jakarta, Sabtu, menyatakan pihaknya membicarakan hal tersebut ketika menerima kunjungan beberapa perwakilan tentara AS untuk Indonesia, terkait hubungan kerja sama militer antara kedua negara.
 
Kerja sama yang dilakukan, katanya, yakni dalam penyediaan perlengkapan militer hingga pertukaran tentara dalam menjalani pelatihan.
 
Salah satu program yang dijalankan yakni Platoon Exchange, yang mengirimkan 1 SST TNI AD atau sebanyak 43 orang, untuk mengikuti pelatihan bersama 25th ID di Hawaii, Amerika Serikat.
 
Sebaliknya, militer AS atau US Army itu, juga mengirimkan prajurit mereka untuk mengikuti pelatihan di satuan TNI AD.
 
Jenderal TNI Andika Perkasa akan mendatangi tempat latihan di Yonif Para Riders 502 Malang, Jawa Timur. Rencananya, Kasad akan berkunjung ke sana bersama salah satu pimpinan US Army, yakni Major General Braga.
 
“Saya akan memastikan keadaan para prajurit Amerika di sana,” kata Kasad.
 
Sementara itu perwakilan tentara Amerika Serikat untuk Indonesia Commander Angela Edwards saat bertemu Kasad Andika menyampaikan perkembangan Platoon Exchange untuk prajurit TNI AD.
 
“Kami ingin memberi kabar baik tentang Platoon Exchange, tadi pagi saya dengan Kolonel McCullough menghadiri acara pelepasan prajurit TNI AD,” ujar Commander Angela Edwards.
 
Commander Edwards menyebutkan prajurit TNI AD akan mendapatkan pelatihan terbaik di Hawaii, dan tentara Amerika juga sudah tiba di Indonesia untuk mendapatkan pelatihan.
 
Namun, ia agak khawatir di masa pandemi ini tidak bisa mendapat kabar tentang para prajurit AS yang menjalani pelatihan.
 
Untuk meyakinkan militer AS, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan kondisi dan informasi terkait prajurit AS yang berlatih di Indonesia.
Baca juga: Kasad bicarakan kerja sama militer dengan Atase Darat Prancis
Baca juga: Kasad ingatkan anggota netral dalam Pilkada 2020

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020