Sehat, barusan rapat dan masih beraktivitas seperti biasa
Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kondisi Gubernur Anies Baswedan dalam kondisi sehat, walau dalam beberapa hari terakhir sering bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). 

"Sehat, barusan rapat dan masih beraktivitas seperti biasa," ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Jakarta, Senin.

Widyastuti menyebutkan bahwa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini cukup sering melakukan uji usap (swab test dengan PCR), mengingat sebagai kepala daerah, Anies kerap berinteraksi dengan sejumlah tamu hingga pejabat tinggi negara.

"Iya pak gubernur sering kami tes usap karena beliau sering ketemu menteri tertentu dan pak presiden," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan terkonfirmasi positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dan kondisinya saat ini dalam keadaan baik serta tengah menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Dinkes DKI sebut Wagub terpapar COVID-19 tanpa gejala

"Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat (27/11) kemarin menunjukkan positif COVID-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya, juga sudah menjalani tes usap," kata Riza dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

"Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level Puskesmas hingga rumah sakit," ujar Riza.

Diketahui, Riza sebelumnya melakukan dua kali tes usap (PCR test), yaitu pada Kamis (26/11) dengan hasil negatif, kemudian dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11) dengan hasil terkonfirmasi positif.

Berdasarkan hasil dari penelurusan kontak Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Riza terkonfirmasi positif COVID-19 karena tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga staf tersebut.

"Jadi, temuan positif COVID-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun," ucap Riza.

Baca juga: Wagub DKI positif COVID-19

Riza berharap dengan adanya kasus konfirmasi positif COVID-19 ini, warga Jakarta untuk semakin meningkatkan disiplin protokol kesehatan dalam 3M, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan.

"Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat wal’afiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi COVID-19. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita," tutur Riza.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020