Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2020 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X kepada Bupati Sleman yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Susmiarto pada acara Peringatan Hari HAM Sedunia 2020, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Senin.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY Indro Purwoko mengatakan bahwa pada 2020 ini sebanyak 250 kabupaten/kota atau sekitar 50,4 persen dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota di Indonesia meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Baca juga: Bupati Sleman: Wabah COVID-19 dan ekonomi tantangan bupati terpilih

"Dari jumlah tersebut, lima kabupaten/kota dari DIY tahun ini memperoleh predikat Peduli HAM," katanya.

Menurut dia, untuk pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah. Meskipun demikian, pihaknya mengharapkan dukungan yang konsisten dari seluruh pimpinan kepala daerah untuk pelaksanaan RANHAM.

"Mengingat pada 2021 nanti akan diterbitkan Peraturan Presiden tentang RANHAM yang baru," katanya.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X memberikan apresiasi atas diraihnya penghargaan tersebut bagi lima kabupaten/kota di DIY.

Baca juga: Sleman raih penghargaan pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik

Ia mendorong agar pemerintah daerah khususnya kabupaten/kota se-DIY untuk melaksanakan RANHAM.

"Kami juga mengajak untuk terus meningkatkan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia, karena ini menjadi pilar sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih tangguh dan lebih maju," katanya.

Ditemui terpisah, Bupati Sleman Sri Purnomo mengucap syukur atas diraihnya prestasi ini. Menurut dia, hal ini membuktikan HAM di Kabupaten Sleman masih dijaga dan dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Sleman borong penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dari Kemenkes

"Kabupaten Sleman dapat mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2019, dengan capaian 92,21 meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 90,66. Semoga dengan tetap diraihnya predikat ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan diberbagai bidang di Kabupaten Sleman yang berbasis HAM," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020