Jakarta (ANTARA) - Kapten Pierre-Emerick Aubameyang mengatakan para pemain muda yang ingin membuktikan diri di Arsenal harus bersabar demi meraih tempat di skuat utama.

The Gunners menjalani start musim terburuknya di liga dalam hampir 50 tahun terakhir (musim 1974/1975) dan terakhir kali memenangi laga domestik pada 1 November.

Jelang pertandingan pada Sabtu melawan peringkat lima Chelsea, Arsenal berjarak hanya empat poin di atas zona degradasi.

Ketajaman Aubameyang menjadi salah satu masalah ketika sang striker baru mencetak empat gol saja.

Baca juga: Arsenal terancam lewati periode sibuk tanpa Aubameyang

Penampilan para pemain berpengalaman seperti Granit Xhaka dan Wilian juga menurun sehingga pelatih Mikel Arteta memanggil para pemain mudanya.

Folarin Balogin, Eddie Nketiah, Emile Smith Rowe dan William Saliba, semua di bawah 21 tahun, paling sering dipanggil.

"Ketka kalian pemain muda yang sedang mencoba menembus klub seperti Arsenal tentunya ada tekanan di sana," kata Aubameyang seperti dikutip AFP, Kamis.

"Kalian harus bersabar juga karena kita memiliki pemain-pemain hebat yang bermain di tim utama jadi selalu sulit menemukan jalan kalian.

Baca juga: Arteta berharap gol Aubameyang lawan Southampton ubah nasib Arsenal

"Saya ingat ketika saya masih bermain di AC Milan (2008-2011) sangat, sangatlah sulit masuk ke tim utama, jadi saya tahu perasaan itu."

Mantan striker Borussia Dortmund itu mengatakan babak seleksi grup Liga Europa, salah satu capaian positif mereka sejauh ini di musim ini ketika lolos ke babak gugur, menawarkan pengalaman yang berharga bagi para pemain muda.

"Dengan Liga Europa musim ini, mungkin ada lebih banyak kesempatan bagi para pemin muda untuk mendapatkan waktu bermain," kata dia.

Baca juga: Arsenal dipermalukan Burnley di hadapan publik Emirates

"Kami melihat beberapa pemain muda di pertandingan Eropa terakhir kami dan kami juga membawa mereka latihan bersama cukup sering belakangan ini.

"Bagi mereka tidaklah mudah, tapi ketika kalian memiliki kesempatan kalian harus mengambilnya dan saya kira mereka melakukan tugasnya dengan baik ketika mereka mendapatkan kesempatan sejauh ini.

"Kalian bisa melihat para pemain muda ini selalu bermain bagus ketika mereka masuk ke lapangan karena para pelatih melakukan tugas yang luar biasa dengan mereka, menyiapkan mereka untuk pertandingan.

"Sisanya tergantung mereka."

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020