Manado (ANTARA) - PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) mengutamakan keselamatan dalam memulihkan listrik pasca banjir dan tanah longsor di Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kelistrikan Manado pasca diterjang banjir dan longsor akibat cuaca ekstrem kembali pulih, setelah empat hari banjir, pada Selasa (19/1) sore, 100 persen gardu yang sebelumnya dipadamkan demi keamanan dan keselamatan warga kini telah kembali menyala," kata
General Manager Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki, di Manado, Rabu (20/1).

Dia mengatakan keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama PLN, petugas terus bersiaga untuk memonitor banjir, setelah surut dan dipastikan aman, baru listrik dinyalakan, dan sekarang pelanggan di Manado kembali menikmati listrik PLN.

PLN melakukan inspeksi jaringan serta pemeriksaan, pembersihan, dan pengeringan gardu distribusi sebelum menyalakan aliran listrik. Selain itu, PLN juga memastikan wilayah yang dipasok oleh gardu distribusi sudah tidak mengalami banjir.

Baca juga: Mensos kucurkan Rp1,8 miliar bantu korban banjir-longsor di Manado

Baca juga: Bantu korban banjir Manado, Kodam Xlll/Merdeka buka dapur umum


Dalam penyalaan kembali aliran listrik ke pelanggan PLN juga telah mendapatkan persetujuan dari kepala lingkungan dan tokoh masyarakat setempat setelah dinyatakan instalasi listrik di rumah warga aman. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan.

Selama pemulihan kelistrikan, PLN menerjunkan 138 personil untuk menyiapkan 795 gardu distribusi yang terdampak banjir dan longsor.

“Selama tiga hari proses perbaikan, PLN melakukan segala upaya untuk memulihkan sistem kelistrikan, seperti penggantian tiang dan trafo serta penarikan jaringan dengan cepat. Kini pelayanan untuk pelanggan di Manado sudah dapat kembali normal,” ujar Leo.

Saat ini PLN masih melakukan pemantauan terhadap dua pelanggan besar di kawasan Megamas Manado untuk proses pembersihan kabel tanah yang tersapu gelombang air laut

Leo juga mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan memastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat atau korsleting.

Jika pelanggan membutuhkan layanan PLN dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore, Contact Center PLN 123, ataupun melalui media sosial PLN 123.*

Baca juga: Baznas Sulut siapkan dapur umum korban banjir Manado

Baca juga: BNPB: Enam orang meninggal akibat banjir-longsor di Manado

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021